7 Jenis Makanan Pemicu Penuaan Dini, Kurangi Sekarang Juga!

7 Jenis Makanan Pemicu Penuaan Dini, Kurangi Sekarang Juga!

Gaya Hidup | kutai.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 12:20
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Beberapa jenis makanan dapat memicu penuaan dini. Sayangnya, makanan ini nyaris dikonsumsi setiap hari karena kelezatannya.

Penuaan adalah proses alami yang akan dialami setiap orang. Namun, prosesnya bisa lebih cepat akibat konsumsi makanan tertentu.

Penuaan dini bisa dilihat tanda-tanda fisik seperti kerutan, garis halus, dan kulit yang kering atau dehidrasi. Karena itu, untuk menjaga penampilan awet muda, sebaiknya hindari makanan berikut ini.

Dilansir dari Delish, Senin (30/9/2024), berikut makanan yang dapat memicu penuaan dini:

Jenis Makanan Pemicu Penuaan Dini

1. Gula

Kelebihan gula dapat mempercepat penuaan. Gula menempel pada kolagen dalam tubuh, menyebabkan kulit menjadi kaku dan kerutan lebih cepat muncul. Pertimbangkan kembali sebelum mengonsumsi makanan manis.

2. Daging Olahan

Banyak daging olahan mengandung pengawet dan sulfit yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan garam yang tinggi pada daging olahan juga dapat memperburuk kondisi kulit.

3. Karbohidrat

Meski tubuh memerlukan karbohidrat, memilih jenis yang salah—seperti roti putih dan makanan olahan—dapat merusak kolagen di kulit. Sebaiknya, pilih karbohidrat dari biji-bijian utuh dan sayuran.

 

4. Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng dapat merusak kolagen kulit, meningkatkan risiko munculnya kerutan. Meskipun nikmat, sebaiknya hindari makanan gorengan untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Makanan Cepat Saji

Meskipun ada pilihan lebih sehat di restoran cepat saji, banyak makanan cepat saji masih mengandung lemak trans yang dapat menyumbat pembuluh darah dan membuat Anda terlihat lebih tua.

6. Garam

Natrium dalam garam menyebabkan retensi air, yang membuat kulit terlihat bengkak, terutama di area mata yang sensitif. Selain mengurangi penggunaan garam dalam masakan, perhatikan juga kandungan natrium dalam produk seperti sup kalengan dan makanan olahan lainnya.

7. Alkohol

Meskipun anggur merah memiliki antioksidan, konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, yang mempercepat penuaan. Dehidrasi dapat mengeringkan kulit dan mengakibatkan kulit pucat serta keriput.

Dengan memperhatikan asupan makanan Anda, Anda dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mempertahankan penampilan awet muda.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com

Topik Menarik