KPU Kuningan Gelar Pengundian Nomor Urut Ketiga Paslon, Berikut Hasilnya

KPU Kuningan Gelar Pengundian Nomor Urut Ketiga Paslon, Berikut Hasilnya

Terkini | kuningan.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 10:10
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - KPU Kabupaten Kuningan, Jabar, resmi melaksanakan pengundian nomor urut bagi ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2024, Senin (23/9). Masing-masing paslon melalui wakilnya mengambil bola kecil bertuliskan angka, yang nantinya menjadi penentu untuk mengambil terlebih dahulu undian nomor urut yang disediakan.

Terdapat 14 bola dengan bertuliskan angka mulai 1-14. Wakil Bupati H Udin Kusnedi saat mengambil bola mendapat angka 14, kemudian Hj Tuti Andriani mendapat angka 4, dan H Kamdan mendapat angka 2.

Paslon pertama yang berkesempatan mengambil nomor urut adalah Calon Bupati HM Ridho Suganda, kemudian Dr H Dian Rachmat Yanuar, dan terakhir H Yanuar Prihatin.

Saat membuka nomor urut, H Yanuar mendapatkan nomor urut 3. Kemudian Dr H Dian Rachmat Yanuar mendapat nomor urut 1, dan HM Ridho Suganda mendapat nomor urut 2.

Sehingga secara resmi, Paslon Dian-Tuti Nomor Urut 1, Paslon Ridho-Kamdan Nomor Urut 2, dan Paslon Yanuar-Udin nomor Urut 3. Setelah mendapatkan nomor urut masing-masing, para pendukung paslon meneriakan yel-yel kemenangan. Mereka meyakini dengan nomor urut yang didapatkan, menjadi kemudahan tersendiri untuk disosialisasikan ke masyarakat.

 

Sebelumnya, KPU Kuningan resmi menetapkan tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada 2024. Ketiga paslon tersebut yakni H Yanuar Prihatin dan H Udin Kusnedi, Dr H Dian Rachmat Yanuar dan Hj Tuti Andriani, serta HM Ridho Suganda dan H Kamdan.

Ketua KPU Kuningan, Asep Budi Hartono menuturkan, KPU Kuningan resmi menetapkan tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2024. Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno tertutup, sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024.

"KPU Kuningan telah melakukan verifikasi administrasi dan meneliti berbagai persyaratan dari ketiga pasangan calon. Penelitian tersebut didasarkan pada berita acara, yang berkaitan dengan hasil perbaikan dokumen administrasi para calon," ucapnya.

Sementara saat pengundian nomor urut ketiga paslon, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Kuningan dan Dishub Kuningan dalam pengawalan rute yang akan dilalui rombongan ketiga Paslon ini.

"Jadi kawasan Jalan Jenderal Sudirman tepatnya depan Kantor KPU Kuningan tidak akan dilakukan penutupan. Namun akan diberlakukan jalan satu jalur, sementara jalur lainnya akan digunakan parkir untuk kendaraan rombongan Pejabat Forkopimda,” ujarnya.

Ia menyebutkan, tahapan pengundian nomor urut tiga Paslon ini merupakan rangkaian penting dalam tahapan Pilkada 2024.

"Pengundian nomor urut merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Karena akan menentukan simbol resmi yang digunakan pasangan calon selama masa kampanye," pungkasnya.***

Topik Menarik