Pemprov Sultra Borong Penghargaan dari LKPP

Pemprov Sultra Borong Penghargaan dari LKPP

Terkini | kendari.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 13:30
share

JAKARTA, iNewsKendari.id - Di bawah kepemimpinan Pj Gubernur, Andap Budhi Revianto, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali menorehkan prestasi nasional.

Prestasi kali ini diraih Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) menerima 3 penghargaan.

Penghargaan diserahkan saat Rakor SDM dan Kelembagaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), yang diselenggarakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

Tiga penghargaan yang diterima Pemprov Sultra dalam ajang tersebut adalah:

Pertama, peringkat ke-3 Kategori Kepala UKPBJ Berprestasi Tahun 2024, diterima oleh Sdr Khaerudin, Plt. Kepala Biro PBJ Sultra.

Kedua, peringkat ke-1 Kategori Mentor Kematangan UKPBJ Terbaik  untuk K/L/PD Tahun 2024, diterima Sdri Umikun Latifah, JF PPBJ Madya

Ketiga, peringkat ke- 1 Swargaloka Metaverse Pengadaan Booth Virtual Expo Terfavorit Tahun 2024, diterima oleh Sdr W. Sulhan, Staf Biro PBJ.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Plh. Kepala LKPP, Iwan Herniwan, Sestama LKPP RI.

 

Penilaian ini didasari inovasi pengadaan barang dan jasa, capaian mentoring kematangan UKPBJ di daerah, serta partisipasi aktif dalam expo virtual yang diikuti oleh berbagai Kementerian/Lembaga/ Daerah (K/L/D).

Selain itu, penghargaan mentor terbaik dalam meningkatkan kematangan UKPBJ  ditunjukkan dengan kemajuan signifikan 2 UKPBJ Kabupaten/Kota yang mencapai level proaktif, sementara sisanya dalam tahap akhir menuju tingkat kematangan tertinggi.

Penghargaan penyelenggara _booth_ virtual terbaik dalam Swargaloka Metaverse _booth_ UKPBJ Sultra dinilai banyak diminati dan berhasil menarik pengunjung terbanyak selama expo virtual yang berlangsung selama 35 hari.

Atas prestasi yang diraih, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengapresiasi seluruh Plt Kepala Biro Biro PBJ Sultra dan Tim UKPBJ Sultra yang telah bekerja keras dan menunjukkan dedikasi tinggi.

"Alhamdulillah, kami bangga atas pencapaian ini. Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen seluruh elemen pemerintahan Sulawesi Tenggara untuk terus berinovasi, meningkatkan tata kelola pengadaan barang dan jasa, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, Andap juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh UKPBJ Sultra dengan meluncurkan aplikasi BOSARA.

"Inovasi seperti BOSARA adalah terobosan dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, efisien, dan akuntabel," ujar Andap.

Lebih lanjut, Andap menekankan pentingnya keberlanjutan dalam melakukan pembinaan dan mentoring kepada Kabupaten/Kota di Sultra. 

"Mentoring yang kami lakukan terbukti berhasil meningkatkan kematangan UKPBJ di daerah. Kedepan, kami akan intens mendampingi agar semua UKPBJ di Sultra mampu mencapai tingkat proaktif dan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan daerah," tambahnya.

Andap menutup dengan harapan agar prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk kedepanya semakin lebih baik lagi

"Penghargaan ini bukan hanya capaian, tapi juga tantangan untuk terus bergerak maju dan memberikan dampak yang lebih besar bagi kemajuan Sulawesi Tenggara dan Indonesia," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plh Kepala LKPP, Direktur LKPP, Bidang SDM LKPP, Direktur Pengembangan Profesi dan Kelembagaan, Sekretaris Daerah, Kepala UKPBJ K/L/Pemda, Direktur Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia, dan Direktur Lembaga Pelatihan PBJ.

Topik Menarik