Dies Natalis UBP Karawang Dimeriahkan Lomba Tari dan Vokal

Dies Natalis UBP Karawang Dimeriahkan Lomba Tari dan Vokal

Terkini | karawang.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 18:11
share

KARAWANG, iNewskarawang.id - Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang merayakan Dies Natalis ke-10 dengan berbagai acara menarik, salah satunya lomba tari dan vokal yang digelar di Aula UBP pada Sabtu (12/10/2024). 

Acara ini diikuti oleh 40 peserta dari wilayah Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi, dengan fokus untuk mempromosikan UBP sekaligus melestarikan tari tradisional Karawang, Jaipong.

Anggy Giri Prawiyogi, Ketua Pelaksana Dies Natalis UBP Karawang menjelaskan bahwa perlombaan ini tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan universitas, tetapi juga sebagai wadah untuk mencari bakat potensial di bidang tari dan vokal. 

“Perayaan 10 tahun UBP memiliki makna mendalam. Dalam bahasa Sunda, angka sepuluh diterjemahkan sebagai Sauyuna sareng sasama, pungkuh agamana, luhung elmuna, yang berarti bersatu, teguh dalam agama, dan tinggi dalam ilmu,” Ungkap Anggy.

Sebagai bentuk apresiasi, para pemenang juara 1, 2, dan 3 dalam kategori tari dan vokal akan mendapatkan beasiswa penuh di UBP Karawang. Tambahnya, untuk juara pertama akan tampil dalam acara puncak Dies Natalis UBP Karawang pada Kamis, 17 Oktober 2024.

“Sesuai amanat Yayasan UBP, yakni untuk juara 1, 2, dan 3 di masing-masing kategori,” Katanya.

Ia juga menyebut, Perayaan Dies Natalis UBP Karawang kali ini tidak hanya menjadi ajang selebrasi, tetapi juga sarana untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mempererat hubungan antara kampus dengan lingkungan sekitarnya.

"Lengkap, Kegiatan untuk mahasiswa ada, masyarakat umum ada dan Mahasiswa nya pun ada. Jadi kita ingin euforia Dies Natalis UBP ini tidak hanya dirasakan oleh internal kampus, tapi juga dirasakan oleh semua kalangan," Tuturnya.

Andini Novita Sari, Koordinator Lomba, menjelaskan bahwa penilaian dilakukan oleh 6 juri yang terdiri dari akademisi UBP dan profesional eksternal.

"Untuk kategori vokal, penilaian meliputi pembawaan, gestur, dan kualitas vokal. Sedangkan untuk tari, penilaian difokuskan pada bagaimana penari menjiwai gerakan dan mampu memikat penonton,” Jelas Andini.

Sementara itu dalam pantauan pewarta, bukan hanya lomba tari dan vokal, serangkaian acara lain turut memeriahkan Dies Natalis UBP ke-10, seperti Jalan Santai, Found Fit, pemeriksaan kesehatan dan mata gratis, seminar, serta bazar UMKM yang diisi oleh mahasiswa dan masyarakat setempat. 

Acara ini mendapatkan antusiasme tinggi dengan dihadiri oleh sekitar 1.000 orang, baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Topik Menarik