Hasyim Asy'ari Dipecat, Megawati: Gile Nggak

Hasyim Asy'ari Dipecat, Megawati: Gile Nggak

Terkini | jambi.inews.id | Jum'at, 5 Juli 2024 - 16:40
share

JAKARTA, iNewsJambi.id - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal kasus asusila yang menyeret Hasyim Asy'ari. 

Atas kasus tersebut, Hasyim dijatuhi sanksi pemecatan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Mega awalnya tengah menyoroti kinerja lembaga negara yang pernah didirikannya semasa menjabat presiden, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahkamah Konstitusi (MK) hingga KPU.

"KPU, nah, kemaren coba (kasus asusila). Gile nggak?!" kata Megawati di acara pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan pengurus pusat PDIP, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Presiden ke-5 itu mengaku tak habis pikir atas kasus tersebut. Ketua KPU seharusnya bisa menjaga sikap dalam menjalankan tugas-tugas negara.

"Ini saya ngomong ini kenapa, karena saya warga bangsa. Sedih saya melihat yang namanya pemerintahan Republik Indonesia," ujarnya.

"Kok begitu ya? Pusing saya," kata Megawati.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera memproses keputusan presiden (Keppres) pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU. Hasyim dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena terbukti melakukan asusila. 

"Dalam proses, proses administrasi. Biasa saja," kata Jokowi di RSUD Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (4/7/2024).

Jokowi menghormati putusan DKPP yang memberhentikan Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU. Dia juga memastikan Pilkada 2024 tetap berjalan dengan baik. (uda)

Sumber: iNews.id

Topik Menarik