Tarif Parkir di Bandara Ngurah Rai Bali Naik Mulai 23 September, Ini Rinciannya

Tarif Parkir di Bandara Ngurah Rai Bali Naik Mulai 23 September, Ini Rinciannya

Infografis | sindonews | Senin, 9 September 2024 - 18:41
share

Tarif parkir di Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali akan naik mulai 23 September 2024 mendatang. Hal itu menyusul dilakukannya peningkatan fasilitas penunjang operasional kendaraan bermotor.

Kenaikan tarif parkir sebesar Rp2.000 bagi kendaraan roda empat serta Rp1.000 untuk sepeda motor dan kendaraan roda enam atau lebih.

Baca juga: Kemenkes Berlakukan Skrining Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai Jelang Indonesia-Africa Forum di Bali

"Penyesuian tarif parkir demi peningkatan fasilitas penunjang untuk pengguna jasa bandara," kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan dalam keterangannya, Senin (9/9/2024).

Dia menjelaskan, saat ini tarif parkir yang berlaku untuk kendaraan roda empat sebesar Rp10.000 untuk satu jam pertama, dan Rp5.000 untuk setiap jam berikutnya.

Kemudian untuk kendaraan roda dua sebesar Rp4.000 untuk 12 jam pertama, dan Rp2.000 untuk setiap jam berikutnya.

Sedangkan bagi kendaraan roda enam atau lebih, tarif parkir sebesar Rp15.000 untuk satu jam pertama, dan tambahan Rp5.000 untuk setiap jam berikutnya.

Baca juga: Overstay dan Terlibat Kasus Narkoba, WNA Rusia Ngamuk di Kantor Imigrasi Ngurah Rai

Setelah kenaikan nanti, tarif parkir untuk kendaraan roda empat menjadi Rp12.000 untuk satu jam pertama, dan Rp6.000 untuk setiap jam berikutnya.

Lalu untuk kendaraan roda dua menjadi Rp5.000 untuk 12 jam pertama, dan Rp3.000 untuk setiap jam berikutnya. Untuk kendaraan roda enam atau lebih menjadi Rp16.000 untuk satu jam pertama, dan tambahan Rp6.000 untuk setiap jam berikutnya.

Handy melanjutkan, selama tiga tahun tarif parkir tidak pernah dinaikkan. Di sisi lain, fasilitas penunjang bagi pengguna jasa bandara terus dibangun.

Salah satunya adalah jembatan penyeberangan orang di terminal domestik yang sedang dikebut pembangunannya dan ditargetkan rampung akhir bulan ini.

Selama ini orang yang menyeberang dari area parkir ke terminal domestik atau sebalilknya harus tertahan karena bertemu dengan mobil yang melintas.

"Dengan jembatan nanti, orang nyeberang langsung dari terminal ke gedung parkir dan sebaliknya," ungkap Handy.

Branch Manager PT Angkasa Pura Support Cabang Denpasar, Djoko Setyo Pambudi selaku operator pengelola parkir Bandara Ngurah Rai menambahkan, sejak tahun 2019, fasilitas penunjang di area parkir terus ditambah dan ditingkatkan.

Meliputi pembangunan dan penambahan gedung parkir di terminal internasional dan domestik, gedung parkir kendaraan roda dua, serta pelebaran jalan di area bandara.

"Juga penambahan kanopi pedestrian, enam pos exit terminal domestik, dan pintu masuk dari enam menjadi tujuh gate," papar Pambudi.

Sementara itu, Direktur Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Bali I Putu Armaya mengatakan telah melakukan survei kepada kurang lebih 300 responden di Bandara Ngurah Rai.

Hasilnya, Bandara Ngurah Rai mendapatkan predikat A atau sangat baik terkait dengan kepuasan masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan.

"Kami harap dengan kenaikan tarif parkir, pelayanan akan semakin baik,” ujar Armaya.

Topik Menarik