Banjir dan Tanah Longsor Terjang 19 Kelurahan di Balikpapan, Satu Warga Terluka

Banjir dan Tanah Longsor Terjang 19 Kelurahan di Balikpapan, Satu Warga Terluka

Infografis | sindonews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 16:08
share

Banjir dan tanah longsor menerjang Balikpapan setelah diguyur hujan lebat Sabtu (10/8/2024) mulai pukul 03.00 WITA sampai 08.30 WITA. Hujan intensitas tinggi ini bersamaan dengan pasang air laut setinggi 2,2 meter pada pukul 08.20 WITA sehingga memperburuk kondisi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan Banjir melanda 15 kelurahan yang tersebar di enam kecamatan, yakni Balikpapan Utara, Barat, Kota, Timur, Selatan, dan Tengah. Sementara itu, tanah longsordilaporkan terjadi di 4 kelurahan yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Balikpapan Kota, Tengah, dan Selatan.

"Saat ini, satu orang dilaporkan mengalami patah kaki akibat bencana ini. Data terkait korban lain dan kerugian material masih dalam pendataan,” kata Abdul dalam keterangannya, Sabtu (10/8/2024).

Baca juga; Banjir Kepung Kota Balikpapan Setelah Diguyur Hujan 6 Jam

Atas kejadian itu, BPBD Kota Balikpapan segera melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut. Hingga saat ini, kata Abdul beberapa upaya telah dilakukan untuk memitigasi dampak, namun banjir di sebagian besar wilayah terdampak masih belum surut dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 20-50 cm.

“Meskipun cuaca mulai membaik, kondisi di lapangan masih memprihatinkan. Banyak rumah dan fasilitas umum terendam air, namun akses komunikasi publik masih berjalan lancar,"ucapnya.

Selain itu, Tim gabungan juga sudah turun ke lapangan untuk membantu proses evakuasi serta melakukan pembersihan material setelah banjir dan longsor.

Adapun Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat di wilayah Kalimantan Timur sejak pukul 07.00 WIB, 9 Agustus 2024, hingga pukul 07.00 WIB, 10 Agustus 2024.

Baca juga; Banjir Balikpapan, 550 Nasi Bungkus Didistribusikan ke Warga

Peringatan ini membuat status wilayah menjadi 'Waspada'. BPBD Kalimantan Timur langsung merespons dengan menyebarkan informasi ini ke BPBD kabupaten dan kota untuk memastikan kesiapsiagaan masyarakat dan pihak terkait.

“BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi banjir susulan. Segera amankan barang-barang penting ke tempat yang aman, siapkan tas siaga bencana, dan pastikan jalur evakuasi bebas dari hambatan. Terus pantau informasi cuaca terbaru dan ikuti petunjuk dari BPBD setempat,” tuturnya.

Topik Menarik