Kelebihan dan Kekurangan Starlink Milik SpaceX, Berikut Ulasannya

Kelebihan dan Kekurangan Starlink Milik SpaceX, Berikut Ulasannya

Teknologi | inewsid | Senin, 30 Oktober 2023 - 21:08
share

JAKARTA, iNews.id - Kelebihan dan kekurangan Starlink milik SpaceX akan diulas pada artikel kali ini. Layanan internet berbasis satelit Starlink akan menjadi salah satu provider baru di Indonesia.

Satelit internet Starlink milik Elon Musk akan segera menyediakan akses internet berkualitas di wilayah daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (30/10/2023) berikut ulasan mengenai apa itu Starlink, kegunaan Starlink beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Starlink?

Starlink adalah layanan internet yang dimiliki oleh SpaceX. Layanan ini memanfaatkan satelit yang mengorbit di bumi rendah untuk memberikan akses internet berkecepatan tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Masyarakat di Indonesia dapat memanfaatkan Starlink untuk berbagai keperluan, seperti komunikasi, streaming, game online, dan sebagainya.

Cara kerja Starlink mirip dengan cara kerja provider internet biasa di Indonesia. Masyarakat yang berlangganan Starlink akan mendapatkan dua perangkat, yaitu antena penangkap sinyal satelit (Starlink Base) dan router WiFi.

Starlink mengirimkan jaringan broadband ke bumi melalui satelit. Jaringan tersebut ditangkap oleh antena Starlink Base yang dipasang di sekitar rumah pengguna. Saat antena dinyalakan, antena akan memindai jaringan dari satelit terdekat.

Router WiFi kemudian mendistribusikan sinyal ke perangkat pengguna, seperti PC, laptop, handphone, dan sebagainya.

Perbedaan utama antara Starlink dan provider internet biasa di Indonesia adalah cara pengiriman datanya. Starlink menggunakan satelit untuk mengirimkan data, sedangkan provider internet biasa menggunakan kabel fiber optic.

Kegunaan Starlink

Starlink adalah proyek SpaceX untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau. Proyek ini menggunakan sekelompok ribuan satelit kecil yang berada dalam orbit rendah bumi.

Salah satu fokus utama proyek ini adalah untuk menghubungkan wilayah-wilayah terpencil, yang sering disebut sebagai daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Kelebihan Starlink

1. Akses Internet di Daerah Terpencil

Salah satu keunggulan utama Starlink adalah kemampuannya untuk menyediakan akses internet ke daerah-daerah terpencil di Indonesia yang sebelumnya sulit dijangkau oleh infrastruktur internet tradisional.

2. Kecepatan Internet

Pengguna Starlink biasanya mendapatkan kecepatan unduh antara 25 hingga 220 Mbps, dengan mayoritas pengguna memiliki kecepatan di atas 100 Mbps.

Kecepatan ini memungkinkan Starlink digunakan untuk aktivitas seperti streaming, panggilan video, bermain game online, dan penggunaan internet rumah tangga yang umum.

3. Pemasangan Mudah

Antena Starlink, yang sering disebut "dish," dapat dipasang sendiri dengan bantuan panduan.

Hal ini dapat memungkinkan akses yang lebih cepat ke layanan internet, terutama di daerah yang sebelumnya tidak memiliki infrastruktur internet yang baik.

Kekurangan Starlink

1. Biaya Tinggi

Salah satu kekurangan utama Starlink adalah biaya yang terkait. Pengguna perlu membeli perangkat antena dan modem, yang mungkin mahal.

Selain itu, biaya bulanan layanan Starlink juga dapat lebih tinggi daripada layanan internet kabel atau serat optik tradisional.

2. Customer Service yang Kurang Memadai

Beberapa pelanggan Starlink mengalami pengalaman buruk dalam memesan layanan Starlink.

Dikutip dari Businessinsider bahwa beberapa pelanggan Starlink mengatakan bahwa setelah deposit $100 dan menunggu hampir satu tahun tetapi belum ada update mengenai yang dipesan sebelumnya.

3. Bergantung Terhadap Cuaca

Salah satu kelemahan lain dari Starlink adalah kebutuhannya akan pandangan yang tidak terhalangi ke langit.

Frekuensi yang digunakan tidak hanya terpengaruh oleh bangunan, pohon, dan benda-benda padat lainya, molekul air juga dapat mengakibatkan gangguan sinyal.

Dalam beberapa situasi, disarankan untuk memasang antena di atap atau bangunan lain yang lebih tinggi dari penghalang yang mungkin ada.

Secara keseluruhan, Starlink merupakan layanan internet yang menawarkan beberapa kelebihan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. Masyarakat perlu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Kelebihan dan kekurangan Starlink pada artikel di atas cukup jelas bukan?

Topik Menarik