Gunung Marapi Erupsi Hari Ini, Semburkan Kolom Abu Setinggi 800 Meter

Gunung Marapi Erupsi Hari Ini, Semburkan Kolom Abu Setinggi 800 Meter

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 14:15
share

PADANG, iNews.id - Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, mengalami erupsi, Sabtu (26/10/2024) pukul 13.05 WIB. Erupsi ini menyemburkan kolom abu vulkanis dari kawah gunung api aktif.

Berdasarkan informasi dari Pos Pengamat Gunung Api (PGA), Gunung Marapi, erupsi kali ini memuntahkan kolom abu yang teramati setinggi 800 meter dari atas puncak kawah gunung berketinggian 3.691 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, abu condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3.3 mm dan durasi sementara ini 7 menit 23 detik,” tulis laporan tersebut dikutip Sabtu (26/10/2024).

Diketahui, Gunung Marapi sudah turun status dari siaga ke Level II Waspada. Aktivitas gunung sampai saat ini masih terus berfluktuatif. Dengan kondisi tersebut, petugas PGA meminta kepada warga tidak melakukan kegiatan pada radius 3 kilometer dari pusat erupsi atau kawah.

Warga yang tinggal di sekitar lembah, aliran, bantaran sungai-sungai berhulu di puncak Gunung Marapi selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama saat musim hujan.

Kalau terjadi hujan abu, warga diimbau menggunakan masker, penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA). Selain itu menggunakan perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. 

Topik Menarik