Para Menteri Makan ala Taruna di Akmil, Mulai dan Berhenti Ditandai Aba-aba Lonceng

Para Menteri Makan ala Taruna di Akmil, Mulai dan Berhenti Ditandai Aba-aba Lonceng

Terkini | inews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 18:20
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menceritakan pengalaman mengikuti makan pagi dan siang ala taruna bersama para menteri dan wakil menteri di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Proses makan itu dipimpin aba-aba Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka menggunakan lonceng.

“Saya sangat menikmati kebersamaan dan kedisiplinan selama menjalani retreat di Akmil ini. Salah satu yang paling berkesan adalah prosesi makan pagi dan makan siang terpimpin. Mungkin juga nanti makan malam akan dengan prosesi yang sama,” kata Hasan dalam keterangannya.

Hasan mengatakan saat pagi hari seluruh anggota kabinet sudah berada di tenda makan KS Tubun, kawasan Akmil, pukul 08.00 WIB. Namun, mereka tidak diperkenankan sendiri-sendiri, melainkan dipimpin Prabowo.

“Presiden Prabowo membunyikan lonceng satu kali, lalu semua anggota kabinet menundukkan kepala berdoa. Setelah hening sejenak, lonceng berbunyi dua kali sebagai pertanda prosesi doa selesai. Lalu, semua anggota kabinet serentak meneriakkan, selamat makan,” kata Hasan.

Menurut dia, para menteri selesai makan juga ditandai aba-aba lonceng.

“Ketika lonceng berbunyi sekali, semua berhenti dan berdoa setelah makan. Lalu lonceng berbunyi dua kali sebagai tanda akhir dari doa, dan semuanya meneriakkan terima kasih,” tutur Hasan.

Prosesi serupa, kata dia, juga dilakukan saat makan siang. Hanya saja, yang memimpin aba-aba kali ini Gibran.

“Mungkin terkesan sepele, tapi bagi saya ini bagian dari keteraturan dan kedisiplinan yang diajarkan di sini. Salah satu dari banyak hal tentang kebersamaan dan kedisiplinan yang diajarkan kepada taruna-taruna calon patriot bangsa,” tutur dia.

“Bagi kami memang hanya dua hari, tapi kami bisa membayangkan pembentukan karakter dan semangat korps yang ditanamkan di Akmil Magelang. Dua hari yang bagi orang-orang seperti saya penting untuk menyerap energi para patriot-patriot bangsa agar setia pada tujuan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. 

Sementara itu, Prabowo menegaskan agenda pembekalan di Akmil bukan untuk membuat para menteri menjadi militeristik. Menurutnya, gaya disiplin ala militer atau The Military Way memang sudah banyak ditiru termasuk di perusahaan-perusahaan. 

“Saya tidak bermaksud membuat anda militeristik, salah, bukan itu. The military way ditiru oleh banyak pemerintah terutama perusahaan-perusahaan. The military way, inti dari semua perusahaan adalah disiplin,” kata Prabowo, Jumat (25/10/2024).

Prabowo meminta para menteri untuk fokus dan komitmen dengan tugasnya masing-masing. Mulai dari mengentaskan kemiskinan hingga swasembada pangan hingga energi.

Topik Menarik