Survei Poltracking: Mayoritas Pendukung Anies Pilih RK-Suswono di Pilgub Jakarta

Survei Poltracking: Mayoritas Pendukung Anies Pilih RK-Suswono di Pilgub Jakarta

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:53
share

JAKARTA, iNews.id - Pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan cenderung memilih pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta. Hal itu terpotret berdasarkan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyampaikan, pemilik suara yang merasa puas dengan kinerja Anies Baswedan cenderung melabuhkan pilihan kepada pasangan RK-Suswono.

"Jadi yang puas terhadap Anies Baswedan sebanyak 71,4 persen itu ternyata lebih banyak memilih Ridwan Kamil-Suswono sebanyak 51,1 persen. Baru disusul Pramono-Anung Rano Karno 38,5 persen," kata Hanta saat memaparkan hasil survei, Kamis (24/10/2024).

Begitu juga dengan pemilih Anies Baswedan dalam pilpres 2024. Hanta menyebut, sebagian besar melabuhkan pilihan kepada Ridwan Kamil Suswono dengan persentase 48 persen. 

Pun pemilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pilgub Jakarta 2017, sebanyak 54,2 persen memilih pasangan Ridwan Kamil-Suswono.

"Pemilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno lebih ke Ridwan Kamil kecenderungannya. Di pemilih Anies ini, kecenderungannya juga sama ke Ridwan Kamil 54,2 persen. Baru kemudian ke Pramono dan Rano 35,4 persen," kata dia.

Sebagai informasi, survei tersebut dilaksanakan pada 10-16 Oktober 2024 dengan  melibatkan 2.000 responden dengan kriteria sudah memiliki hak suara saat Pilgub Jakarta pada 27 November 2024. 

Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Topik Menarik