Bacaan Sholawat Darurat, Lengkap Arab, Latin & Artinya agar Bertemu Nabi SAW

Bacaan Sholawat Darurat, Lengkap Arab, Latin & Artinya agar Bertemu Nabi SAW

Gaya Hidup | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 05:45
share

JAKARTA, iNews.id - Sholawat darurat atau lebih dikenal adrikni merupakan salah satu amalan agar bisa mimpi bertemu Rasulullah SAW. Sholawat tersebut juga dikenal dengan sholawaat khitab. 

Dalam Buku Syariat Bershalawat karya Muhammad Habib Mustofa, membaca sholawat merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dan berharap mendapat syafaatnya kelak di hari kiamat.

Dengan memperbanyak membaca sholawat diyakini dapat mempermudah terkabulnya hajat yang diinginkan oleh seseorang. Perintah membaca sholawat ini disebutkan dalam Al Qur'an, Surat Al Ahzab ayat 56. Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab: 56).

Dalam sebuah hadits disebutkan tentang keutamaan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "أَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً".

Dari Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca salawat untukku.

Ustaz Ajir Ubaidillah, putra bungsu KH Samsul Ma'arif pendiri Ponpes Nurul Huda Desa Langgongsari, Banyumas menjelaskan, sholawat banyak ragamnya sebagaimana disebutkan Imam Nawawi.

"Disebutkan juga bahwa sighat sholawat kepada Nabi SAW banyak sekali. jumlahnya tidak bisa dihitung. Sekurang-kurangnya sholawat kepada Nabi allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad wa 'ala aali sayyidina muhammad Maka mendapatkan kebaikan yang sangat agung," katanya dilansir dari akun Instagram @ajir_ubaidillah, Rabu (23/10/2024).

Salah satu bacaan sholawat yang populer yakni, Sholawat Darurat atau Adrikni. Berikut bacaannya lengkap teks Arab, latin, dan artinya.

Sholawat Darurat

الصلاة والسلام عليك ياسيدي يارسول الله قلت حيلتي أدركني 

Latin: Asshalatu wassalamu 'alaika ya Sayyidi ya Rasulallah qollat hiilaty adrikni.

Artinya: Rahmat dan sejahtera semoga melimpah kepadamu, wahai junjunganku Rasulullah, peganglah tanganku, sedikit sekali upayaku, maka temukanlah aku.

Cara Mengamalkan Sholawat Darurat

Al Habib Al Imam Abdullah bin Idrus Al Idrus berkata jika seorang Mukmin membaca sholawat darurat atau adrikni setiap hari sebanyak 116 kali, Nabi Muhammad saw akan berkepentingan untuk hadir.

Dilansir dari Buku Tanya Jawab PISS-KTB, terkait seseorang mimpi bertemu Nabi SAW adalah benar. Sebab, setan tidak bisa menyerupai bentuk Nabi SAW. Hal itu disebutkan dalam Kitab Roudhotut Tholibin.

أَنَّهُ مَنْ رَآهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآهُ حَقًّا. وَأَنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ فِي صُورَتِهِ، وَلَكِنْ لَا يُعْمَلُ بِمَا يَسْمَعُهُ الرَّائِي مِنْهُ فِي الْمَنَامِ مِمَّا يَتَعَلَّقُ بِالْأَحْكَامِ، لِعَدَمِ ضَبْطِ الرَّائِي، لَا لِلشَّكِّ فِي الرُّؤْيَةِ، فَإِنَّ الْخَبَرَ لَا يُقْبَلُ إِلَّا مِنْ ضَابِطٍ مُكَلَّفٍ، وَالنَّائِمُ بِخِلَافِهِ

"Sesungguhnya barang siapa yang melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mimpi maka ia telah melihatnya sesungguhnya. Dan sesungguhnya syaitan tidak bisa menyerupai bentuk Nabi. Akan tetapi tidak diamalkan apa yang didengar oleh seorang yang mimpi dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mimpi, tentang apa yang berkaitan dengan hukum. Karena orang yang mimpi tidak dhobith (tidak memiliki kemampuan menangkap dan menghafalkan berita atau riwayat yang didengarnya-pen) bukan dari sisi ragu akan mimpinya melihat Nabi akan tetapi suatu khobar/berita tidaklah diterima kecuali dari seseorang yang dhobith mukallaf. Adapun seorang yang sedang tidur tidaklah demikian". (Roudhotut Thoolibin 7/16).

Itulah ulasan sholawat darurat yang bisa muslim amalkan agar bisa mimpi bertemu Rasulullah SAW sebagai penngobat rindu.

Wallahu A'lam 

Topik Menarik