Hashim Sebut Prabowo bakal Teken Perpres Pemutihan Utang Petani dan Nelayan di Bank Pekan Depan 

Hashim Sebut Prabowo bakal Teken Perpres Pemutihan Utang Petani dan Nelayan di Bank Pekan Depan 

Ekonomi | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 18:54
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo menyebut Presiden Prabowo Subianto akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk memutihkan utang para nelayan dan petani kepada perbankan pekan depan.

Hashim menjelaskan, setidaknya sekitar 6 - 9 juta petani dan nelayan di Indonesia masih terlilit utang dengan perbankan. Utang-utang tersebut sebagian adalah utang di masa lampau sejak terjadinya krisis moneter tahun 1998.

"Mungkin minggu depan, pak Prabowo akan teken suatu Perpres pemutihan. Sedang disiapkan oleh Menteri Hukum, semua sudah sesuai, mungkin minggu depan beliau akan tandatangan pemutihan (utang petani dan nelayan)," ujar Hahsim di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Hashim menambahkan, dengan terganjalnya tagihan para nelayan dan petani imembuat mereka mengambil cara untuk meminjam uang kepada rentenir. Sebab, sudah tidak lagi bisa mengambil pinjaman ke bank jika tersangkut tagihan lama tersebut. 

"Mereka tidak boleh pinjam lagi ke perbankan, setiap masuk ke SLIK di tolak, ini hak tagih tidak dihapus di bank, sehinga mereka harus ke pinjol," tuturnya.

Adik kandung Presiden Prabowo ini berharap, dengan adanya aturan baru yang akan diterbitkan Prabowo pada pekan depan itu bisa membuat para petani dan nelayan bisa kembali mengakses permodalan ke lembaga keuangan formal.

"Sehingga para nelayan dan petani ini bisa mendapatkan hidup baru, dan mereka dapat hak untuk pinjam lagi ke Bank. Tidak akan di tutup lagi SLIK di OJK. Ini salah strategi langkah pengentasan kemiskinan," ucapnya.

Topik Menarik