10 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama, Nomor 3 Bisa hingga 6 Bulan

10 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama, Nomor 3 Bisa hingga 6 Bulan

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 05:19
share

JAKARTA, iNews.id - Semarang, kota yang kaya akan sejarah dan budaya, juga memiliki kekayaan kuliner yang patut dicoba. Ada 10 oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama dan lezat. 

Saat mengunjungi Semarang akan terasa kurang lengkap tanpa membeli buah tangan dan mencicipi kuliner khasnya. Salah satu cara untuk membawa kenangan manis dari kota ini dengan membeli oleh-oleh. 

Uniknya, banyak oleh-oleh khas Semarang yang bisa bertahan lama, sehingga bisa dinikmati di rumah.

10 Oleh-Oleh khas Semarang yang Tahan Lama

1. Moaci Gemini

Moaci Gemini merupakan camilan legendaris dari Semarang, Jawa Tengah yang berasal dari budaya Tionghoa peranakan. Terbuat dari adonan tepung ketan yang kenyal dan diisi kacang cincang dan gula, memiliki tekstur kenyal dan rasa manis. 

Kue ini sering disajikan dengan taburan tepung atau wijen di bagian luarnya. Oleh oleh ini memiliki beragam variasi rasa, seperti cokelat, matcha, kacang merah, stroberi dan durian. Dapat bertahan selama seminggu di suhu ruang dan 10 hari di kulkas.

2. Kopi Banaran

Salah satu produk kopi khas Semarang yang terkenal dengan cita rasa unik dan berkualitas. Kopi Banaran merupakan kopi Robusta yang dihasilkan dari perkebunan di Semarang, terutama di Kebun Getas, dikenal memiliki cita rasa gurih dengan sentuhan asam. 

Memiliki aroma khas mirip dengan moka membuatnya sering disebut sebagai Java Mocha. Kopi ini bisa disimpan dalam kemasan kedap udara di tempat sejuk. Umumnya, kopi ini bertahan hingga enam bulan setelah dibuka, tergantung pada cara penyimpanan dan kondisi lingkungan.

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto oleh oleh khas Semarang yang terkenal. Makanan ini terbuat dari ikan bandeng yang dibumbui bawang putih, kunyit, dan garam, lalu dimasak dengan metode presto menggunakan uap air bertekanan tinggi. Bandeng Presto memiliki rasa yang gurih dan daging yang empuk serta duri yang lunak.

Lama waktu simpan Bandeng Presto tergantung pada cara penyimpanannya. Jika disimpan di luar kulkas bertahan tujuh hari. Jika disimpan di dalam kulkas, menjadi satu bulan, sementara di dalam freezer, Bandeng Presto dapat bertahan hingga enam bulan.

4. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel merupakan warisan Belanda yang memiliki bentuk unik mirip kayu pengganjal rel kereta api. Roti ini memiliki rasa kayu manis dan tekstur yang agak bantat. 

Beberapa produsen juga menawarkan versi dengan tekstur lembut untuk meningkatkan kenyamanan saat dikonsumsi. Umur simpan roti ini tujuh hari di suhu ruang dan satu bulan di kulkas yang rotinya harus ditutup dengan rapat. 

Roti Ganjel Rel merupakan oleh-oleh dan camilan unik yang patut dicoba jika berkunjung ke Semarang.

5. Wingko Babat

Wingko Babat terbuat dari olahan kelapa muda dan tepung beras ketan. Rasa manisnya berasal dari gula yang ditambahkan dalam adonan. Memiliki beberapa varian rasa, seperti original, cokelat, pandan dan mix rasa.  

Oleh-oleh yang telah terkenal sejak lama ini memiliki umur simpan yang cukup lama. Jika disimpan pada suhu ruang, Wingko Babat dapat bertahan hingga empat hari. Apabila menggunakan kemasan vakum bisa bertahan lebih lama lagi.

6. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang terdiri dari dua jenis, yaitu lumpia kering dan lumpia basah. Lumpia kering memiliki rasa renyah dan gurih, dengan tekstur kulit garing. 

Sedangkan lumpia kering memiliki tekstur lembut dan gurih. Umumnya, lumpia diisi dengan rebung, sayuran, telur, daging serta bumbu khas seperti bawang merah dan bawang putih.

Lumpia Kering memiliki daya tahan hingga 24 jam pada suhu ruangan, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena tidak mudah basi. 

Sementara itu, Lumpia Basah biasanya hanya bertahan sekitar 12 jam di suhu ruangan. Penyimpanan yang tepat, seperti di kulkas bisa tahan lebih lama.

7. Brillian Super Cake

Brillian Super Cake merupakan oleh-oleh khas dari Semarang, Indonesia, yang terkenal karena teksturnya yang lembut dan aroma butter yang menggoda. 

Kue ini menjadi pilihan populer di kalangan wisatawan dan penduduk lokal. Brillian Super Cake tersedia dalam berbagai variasi rasa, antara lain cokelat, original, almond, cappuccino dan less sugar.

Brillian Super Cake memiliki ketahanan yang lama meskipun tanpa tambahan bahan pengawet. Kue ini dapat bertahan hingga dua minggu jika disimpan dalam kemasan yang tepat, seperti kemasan vakum atau dus.

8. Lontong Spekkoek

Lontong Spekkoek dibuat dari tepung terigu, gula, mentega atau margarin dan kuning telur, lalu dipanggang secara bertahap untuk membentuk banyak lapisan yang mirip kue lapis.

Lontong Spekkoek memiliki beberapa pilihan rasa seperti cokelat, blueberry, dan pandan, masing-masing memiliki rasa lezat. dikemas dengan menggunakan vacuum sehingga tahan hingga 60 hari.

9. Tahu Baxo Bu Pudji

Oleh-oleh ini terdiri dari tahu yang diisi dengan bakso daging sapi, tahu bakso dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Memiliki citra rasa gurih dan asin serta dapat lebih lezat jika dibuat goreng dengan campuran telur.

Pada kemasan dengan vakum, Tahu Bakso Bu Pudji dapat bertahan 2–3 hari pada suhu ruang dan hingga seminggu jika disimpan di kulkas. Tahu Bakso Bu Pudji merupakan oleh-oleh khas dari Semarang yang populer di kalangan wisatawan.

10. Brownies Opium

Brownies Opium dibuat dari bahan-bahan premium, tanpa bahan pengawet dan bersertifikat halal, merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang populer. Cocok sebagai camilan untuk menemani bersantai

Brownies Opium memiliki berbagai rasa, di antaranya adalah Choco Chips, Choco Cheese dan Cokelat Almond yang memiliki ketahanan produk sekitar 10 hari jika disimpan pada suhu tertentu.

Itu dia rekomendasi 10 oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama. Sudahkah mencoba salah satu oleh-oleh khas Semarang yang disebutkan di atas? 

Topik Menarik