Siapa Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata di Kabinet Prabowo Subianto

Siapa Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata di Kabinet Prabowo Subianto

Travel | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 11:19
share

JAKARTA, iNews.id -  Nama Widiyanti Putri Wardhana menjadi sorotan publik usai resmi ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dalam kabinet Presiden Prabowo Subianto. Pengumuman ini disampaikan oleh Presiden Prabowo pada Minggu malam (20/10/2024), di Istana Kepresidenan, didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Widiyanti Putri Wardhana atau yang akrab disapa Widi ini resmi menggantikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Dia akan bekerja untuk meningkatkan pariwisata Tanah Air hingga dikenal mancanegara.

Lantas, seperti apa sosok Widiyanti Putri Wardhana yang tergabung dalam kabinet Merah Putih? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (21/10/2024).

Siapa Widiyanti Putri Wardhana

Widiyanti Putri Wardhana, dikenal sebagai pengusaha sukses di sektor energi dan agrobisnis. Dia merupakan putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group. Sebelum menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Widiyanti memiliki pengalaman panjang di dunia bisnis, termasuk sebagai Komisaris PT Teladan Prima Agro sejak 2021.

Selain aktif di dunia bisnis, Widi juga dikenal memiliki kepedulian besar di bidang sosial. Dia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) periode 2018-2024 dan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial lainnya.

Suami Widiyanti juga bukan orang sembarangan. Dia adalah Wishnu Wardhana yang merupakan mantan direktur utama PT Indika Energy Tbk (INDY), salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia. 

Widiyanti Putri mulai terjun ke dunia bisnis sejak lama, terutama di sektor agribisnis melalui PT Teladan Prima Agro (TPA). TPA bergerak di bidang pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang memulai operasinya pada tahun 2004 di Kalimantan Timur.

Di bawah pengelolaannya, TPA berkembang pesat dengan perkebunan yang tersebar di Kabupaten Berau, Kutai Timur, Paser, dan Kutai Kartanegara. Sejak 2021, Widiyanti menjabat sebagai Komisaris di PT Teladan Prima Agro. Sebelumnya, dia sempat menjadi Direktur di perusahaan yang sama selama sembilan tahun dari 2012 hingga 2021.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris di beberapa anak usaha TPA sejak 2013, dan pernah menjadi Komisaris PT Teladan Agro Resources dari 2007 sampai 2012.

Widi memiliki latar belakang pendidikan Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University. Malibu, California pada tahun 1993. Pengalamannya di dunia pendidikan internasional ini memperkuat wawasan dan kemampuan bisnisnya dalam mengelola perusahaan.

Penunjukan Widiyanti sebagai Menteri Pariwisata diharapkan dapat membawa angin segar bagi sektor pariwisata Tanah Air.

Topik Menarik