Komentar Mengejutkan Mantan Pejabat Israel atas Pembunuhan Yahya Sinwar: Hamas Tak Akan Mati

Komentar Mengejutkan Mantan Pejabat Israel atas Pembunuhan Yahya Sinwar: Hamas Tak Akan Mati

Terkini | inews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 08:10
share

TEL AVIV, iNews.id - Daniel Levy, mantan penasihat di kantor perdana menteri Israel, menegaskan pembunuhan pemimpin Hamas Yahya Sinwar tak akan berdampak apa pun bagi perlawanan pejuang Palestina. Setelah ini segera muncul pemimpin baru yang akan melanjutkan perjuangan.

"Perlawanan Palestina berakar pada penindasan, bukan pemimpin. Membunuh pemimpin Hamas tidak akan mematahkan perlawanan Palestina terhadap penjajahan Israel," kata Levy, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (19/10/2024).

Menurut dia, anggapan yang muncul dari Israel dan negara-negara Barat bahwa Hamas akan lemah dengan membunuh pemimpinnya, bahkan bisa mematikan perjuangan, adalah salah besar. 

"Memenggal kepala ular lalu masalah tersebut ditangani, seolah-olah perlawanan Palestina didasarkan pada daya tarik dari Sinwar atau pemimpin lain yang pernah dibunuh di masa lalu,” kata pria yang juga menjabat Presiden Proyek AS/Timur Tengah serta juru runding Israel tersebut.

Levy menegaskan, perlawanan di Palestina akan terus hidup selama penindasan terjadi serta penyangkalan terhadap hak-hak untuk hidup bebas berlangsung. 

Namun, lanjut dia, pemerintahan Israel saat ini tidak memahami hal itu.

“Tetapi orang-orang yang hidup dalam situasi tersebut akan memahaminya. Jabatan (pemimpin) gerakan perlawanan bersenjata terhadap penjajah seperti ini adalah jabatan yang definisi tugasnya adalah mati syahid,” katanya.

Sementara itu pengamat politik Israel Gideon Levy mengatakan, pembunuhan Sinwar tidak akan berdampak pada nasib lebih dari 100 sandera yang masih ditahan di Gaza.

Pembunuhan Sinwar bukan berarti perang berakhir, meskipun sang pemimpin Hamas tersebut merupakan figur paling diburu terakhir. Sebelumnya Israel mengklaim telah membunuh Mohammad Deif, komandan sayap militer Hamas Brigade Izzuddin Al Qassam serta Ismail Haniyeh.

“Dalam situasi normal, saya berharap pembunuhan Sinwar akan membuat kita mencapai kemajuan besar dalam membebaskan para sandera, bahkan mengakhiri perang ini, tetapi tidak di Israel karena tujuannya adalah untuk tetap berada di Gaza,” kata Levy.

Dia justru mempertanyakan, setelah pembunuhan Sinwar dengan siapa Israel bernegosiasi untuk pembebasan sandera.

“Jadi, apa yang akan berubah dari pembunuhan Sinwar? Jika pembebasan sandera kembali menjadi pembahasan, dengan siapa kita akan bernegosiasi? Dan jika kita bernegosiasi, siapa yang akan setuju untuk memulangkan semua sandera saat Israel ingin tetap berada di Gaza?” ujarnya.

Topik Menarik