Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi yang Perlu Diketahui Tenaga Pendidik 

Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi yang Perlu Diketahui Tenaga Pendidik 

Terkini | inews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 06:14
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh pembelajaran berdiferensiasi merupakan sistem belajar yang kini banyak diterapkan di berbagai sekolah. 

Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu sistem pembelajaran yang mengakomodir atau mengatur semua kebutuhan siswa. Terlebih lagi di kurikulum saat ini mengharuskan pembelajaran harus berpusat pada siswa dan guru mampu memenuhi semua kebutuhan siswa atau peserta didik.
Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi

Mengutip buku Numerasi Pembelajaran Matematika Sd Berbasis E-Learning, karya Jayanti (2022: 33), Jumat(18/10/2024), pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu sistem pembelajaran yang mengakomodirnya suatu kebutuhan belajar siswa, dalam Guru Berbagi (Kemendikbud).

Adapun, ciri-ciri dari pembelajaran berdiferensiasi, di antaranya lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar. Terdapat kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran dan didefinisikan secara jelas. Adanya penilaian berkelanjutan dan guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid agar bisa memanajemen kelas jadi lebih efektif.

Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi

Terdapat berbagai contoh kelas belajar yang telah menerapkan sistem pembelajaran berdiferensiasi. Guru saat melaksanakan atau menyampaikan materi pelajaran menggunakan berbagai cara dan strategi agar siswa atau peserta didik dapat mengeksploitasi isi kurikulum. 

Selain itu, guru juga memberikan berbagairagam kegiatan yang masuk akal.  Sehingga, murid dapat mengerti dan memiliki informasi ataupun ide. Guru juga dapat memberikan beragam pilihan di mana murid nantinya mampu mendemonstrasikan apa yang mereka pelajari di ruang kelas.

Contoh kelas yang belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ditandai dengan seorang guru lebih memaksakan kehendaknya sendiri dalam menerapkan kurikulum di ruang kelasnya. Ini mengakibatkan guru tidak memahami minat dan apa yang murid inginkan.

Demikian ulasan mengenai contoh pembelajaran berdiferensiasi. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik