IHSG Hari Ini Rawan Aksi Profit Taking, Cek Rekomendasi Sahamnya

IHSG Hari Ini Rawan Aksi Profit Taking, Cek Rekomendasi Sahamnya

Ekonomi | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 08:18
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini disebut rawan profit taking pada perdagangan, Jumat (18/10/2024). Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan menuturkan, pasar masih merespons keputusan Bank Indonesia (BI) yang menahan suku bunga acuan.

Selain itu, petunjuk peluang pemangkasan lanjutan suku bunga acuan BI dengan terindikasi mengakumulasi saham-saham rate sensitive, khususnya perbankan. 

Hal ini menopang penguatan lanjutan IHSG menguji level 7.750 di Kamis (17/10/2024) kemarin. Secara teknikal, pelebaran positive slope MACD berlanjut, namun terdapat indikasi rotasi ke saham-saham second liner

“Oleh sebab itu, tetap waspadai potensi profit taking pada perdagangan hari ini, perhatikan pivot critical level 7.700,” ujar Valdy dalam risetnya, Jumat (18/10/2024).

Di sisi lain, data ekonomi terbaru menunjukan pelemahan nilai ekspor Jepang sebesar 1,7 persen di September 2024 dan perlambatan pertumbuhan nilai impor Jepang ke 2,1 persen di periode yang sama. Sebelumnya, kondisi serupa juga dicatatkan Amerika Serikat (AS). 

“Data-data terbaru ini memperkuat indikasi penurunan perdagangan dunia di akhir kuartal III tahun 2024,” tuturnya.

Dari dalam negeri, fokus pasar tertuju pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Di hari yang sama, akan diumumkan nama-nama Menteri pengisi kabinet yang baru untuk kemudian dilantik pada 21 Oktober 2024.

Sejumlah saham yang direkomendasikan hari ini meliputi PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA). 

Topik Menarik