Ada Transisi Pemerintahan, Bagaimana Nasib Naturalisasi Kevin Diks?

Ada Transisi Pemerintahan, Bagaimana Nasib Naturalisasi Kevin Diks?

Olahraga | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:09
share

JAKARTA, iNews.id – Adanya transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke Prabowo Subianto menjadi tantangan proses naturalisasi Kevin Diks. Pemain keturunan tersebut dikhawatirkan belum bisa debut bersama Timnas Indonesia dalam waktu dekat. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinungga mengakui tantangan tersebut. Namun, pihaknya tetap akan berusaha melakukan percepatan naturalisasi sang pemain.

Sesuai jadwal, Prabowo sebagai presiden terpilih periode 2024-2029 akan dilantik, pada 20 Oktober 2024. Hal itu membuat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum bekerja efektif dalam waktu dekat.

Arya mengatakan DPR pastinya belum bisa bekerja memproses naturalisasi Kevin Diks dalam waktu dekat. Dia pun cukup memahami situasi yang ada saat ini di tanah air.

"Kami tahu sekarang kan di pemerintahan dan DPR itu ada proses-proses (transisi). Sekarang di DPR belum ada komisi-komisi juga karena akan ada perubahan karena belum diteken," kata Arya di Sekretariat PSSI Pers, GBK Arena, Rabu (16/10/2024).

"Jadi, sebentar lagi ada keberlanjutan antara Pak Jokowi dan Prabowo, mudah-mudahan semua lancar sehingga prosesnya baik," tuturnya.

Arya memperkirakan, Kevin Diks baru bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam fase Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 periode Maret, yakni melawan Australia dan Bahrain pada 20 dan 25 Maret 2025. 

Namun, ada juga peluang Kevin Diks bisa membela tim asuhan Shin Tae-yong pada periode November, yakni saat Timnas Indonesia menjamu Jepang dan Arab Saudi pada 15 dan 19 November 2024. 

"Arahan dari pak Ketum PSSI Erick Thohir, kami kejar h-7 sebelum pertandingan untuk sumpah (WNI). Kami optimistis (sumpah Kevin Diks) baru bisa, pada Maret," ucapnya.

"Kami juga akan berjuang maksimal agar bisa, pada November, tapi optimistis Maret. Kami di PSSI berjuang buat semua," ujarnya. 

Topik Menarik