PSSI Targetkan Kevin Diks Bela Timnas Indonesia November, Debut Lawan Jepang! 

PSSI Targetkan Kevin Diks Bela Timnas Indonesia November, Debut Lawan Jepang! 

Berita Utama | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 01:30
share

JAKARTA, iNews.id - PSSI menargetkan Kevin Diks bisa membela Timnas Indonesia pada November mendatang. Pemain keturunan tersebut bisa jadi melakoni debut bersama Tim Garuda saat melawan Timnas Jepang pada lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 15 November 2024.

Kevin Diks resmi akan menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dia telah berjabat tangan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Jumat (11/10/2024). 

Erick menegaskan, PSSI tengah mempercepat proses berkas dan dokumen naturalisasi Kevin Diks, termasuk persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan DPR RI. 

"Kalau sudah salaman, berarti kan sudah fix-lah. Tinggal prosesnya. Tentu kita akan mendorong kepada Bapak Presiden, setelahnya tentu DPR, untuk ada percepatan," ucapnya di Jakarta, Sabtu (12/10/2024). 

Namun, Erick menyampaikan, melihat proses naturalisasi, Kevin Diks kemungkinan baru bisa mulai main dengan Timnas Indonesia baru pada Maret 2025.

"Window-nya kalau kita lihat di bulan Maret (2025) bisa main. Tapi kalau bisa November (2024), kenapa tidak," tuturnya.

Pada November mendatang, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kandang lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda akan menjamu Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 15 November 2024.

Kemudian di tempat sama, Pasukan Shin Tae-yong akan menerima kedatangan Arab Saudi, 19 November 2024.

Kevin Diks memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Ambon, Maluku. Saat ini, dia bermain untuk klub Denmark, FC Copenhagen.  Sejak bergabung dengan klub tersebut pada tahun 2021, dia telah tampil dalam 132 laga dan mencetak 16 gol. 

Sebagai pemain yang berposisi sebagai bek, kariernya dimulai di Vitesse sebelum pindah ke Fiorentina, Feyenoord, Empoli, AGF, dan akhirnya ke FC Copenhagen.

Topik Menarik