Cara Menyimpan Sushi Semalaman biar Tetap Segar, Rasanya Dijamin Masih Enak

Cara Menyimpan Sushi Semalaman biar Tetap Segar, Rasanya Dijamin Masih Enak

Travel | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:05
share

JAKARTA, iNews.id - Sushi merupakan makanan khas Jepang yang digemari banyak orang. Menyantap sushi paling enak  disajikan secara langsung dan fresh.

Namun, baru-baru ini viral di media sosial seorang netizen yang kesal usai melakukan jasa titip (jastip) sushi dari Pulau Dewata, Bali ke Jakarta. Sushi yang cukup fenomenal itu dijastipkan, namun hasilnya mengecewakan karena terlanjur basi akibat perjalanan yang cukup panjang.

Hal ini menjadi buah bibir netizen Tanah Air. Mereka keheranan mengapa ada metode jastip sushi. Padahal makanan tersebut seharusnya dimakan segera dalam keadaan segar.

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang begitu populer. Banyak orang Indonesia sangat menyukai sushi karena rasanya yang nikmat dipadukan dengan ikan segar. Sushi merupakan perpaduan antara nasi yang digulung atau dibalut ikan mentah seperti salmon atau tuna. 

Untuk itu, sushi perlu disantap segera setelah dibeli agar bisa tetap menikmati kenikmatan dan segarnya ikan tersebut. Bila tidak disantap segera, ada beberapa cara yang tepat untuk menyimpan sushi agar tetap segar. Dengan begitu, Anda tetap bisa menyantap sushi dengan nikmat karena cara menyimpannya yang tepat.

Penasaran, bagaimana cara menyimpan sushi agar tetap segar semalaman? Yuk simak tipsnya melansir laman Sanraku, Jumat (11/10/2024).

1. Bungkus Sushi

Cara pertama ialah membungkus sushi agar tetap segar. Bungkus setiap sushi dalam plastik pembungkus makanan atau lembaran plastik cling. Anda juga dapat menggunakan aluminium foil untuk membungkusnya. Kemudian masukkan potongan-potongan tersebut ke dalam kantong ziplock atau wadah kedap udara. Anda juga dapat menutupi sushi dengan handuk dapur yang lembap sebelum membungkusnya dalam plastik pembungkus untuk mencegah sushi mengering.

2. Tidak Dibiarkan di Suhu Ruang Lebih dari 3 Jam

Cara selanjutnya ialah memastikan sushi tidak dibiarkan begitu saja di suhu ruang, apalagi bila lebih dari 3 jam. Anda dapat menyimpan sushi mentah dengan aman pada suhu ruangan selama sekitar dua hingga tiga jam, asalkan tidak ada kontaminan udara yang menyebabkan pembusukan.

3. Ketahui Jenis Sushi

Sebelum menyimpan sushi, pastikan Anda tahu jenis dari menu tersebut. Bila jenis sushinya mentah, pastikan tidak menyimpan terlalu lama di suhu ruang. Sushi dengan olahan laut yang dimasak dapat tetap segar dan sehat selama sekitar empat jam pada suhu ruangan. Selain itu, Anda dapat menyimpan sushi dengan aman selama sekitar dua hari di lemari es.

Namun, bila sushi Anda hasil membeli di toko, tidak aman untuk disimpan dan dikonsumsi. Itu karena Anda tidak tahu bagaimana dan kapan sushi dimasak. Anda hanya dapat menyimpannya pada suhu ruangan selama sekitar satu atau dua jam sebelum siap memakannya.

Topik Menarik