Negara-Negara yang Mungkin Terlibat Perang Dunia III, Nomor 7 Ancam AS Pakai Nuklir

Negara-Negara yang Mungkin Terlibat Perang Dunia III, Nomor 7 Ancam AS Pakai Nuklir

Terkini | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 10:48
share

JAKARTA, iNews.id - Negara-negara yang mungkin terlibat dalam Perang Dunia III patut disimak. Dunia di ambang perang besar terkait konflik di berbagai wilayah, seperti perang Rusia-Ukraina, Israel-Hamas dan Israel-Hizbullah, ketegangan Korea Utara dengan Korea Selatan dan Jepang, serta krisis Laut China Selatan, termasuk Taiwan.

Konflik-konflik itu melibatkan negara-negara besar. Amerika Serikat meskipun tak terlibat secara langsung, namun memiliki pengaruh besar. Bahkan AS dianggap sebagai biang kerok yang mungkin saja menjadikan perang besar semakin dekat.

Sebut saja peran atau bantuan AS terhadap Ukraina dalam perang melawan Rusia. Presiden Vladimir Putin serta pejabat Rusia lain berulang kali menyinggung soal perubahan doktrin nuklir yang memperlonggar syarat penggunaannya dalam perang jika kedaulatan dan keamanan nasionalnya dilanggar oleh pihak asing.

Keterlibatan AS serta negara-negara sekutunya dalam konflik ini sangat konkret, yakni bantuan senjata dan amunisi, termasuk tank bahkan jet tempur kepada Ukraina. Beberapa negara memberi izin kepada Ukraina untuk menggunakan senjata mereka untuk menyerang langsung wilayah Rusia.

Selain itu peran AS juga sangat kentara dalam perang di Timur Tengah. AS menjadi pendukug utama bagi Israel dalam menyerang Jalur Gaza, Lebanon, maupun wilayah Suriah.

Demikian halnya dalam konflik di Laut China Selatan serta ketegangan antara Korut dengan Korsel dan Jepang. AS memainkan peran kunci karena siap membantu Korsel dan Jepang jika perang pecah. Bahkan Korut secara blak-blakan menegaskan pengembangan program-program senjata mereka, termasuk nuklir, dilakukan karena kehadiran AS di Semenanjung Korea.

Negara-Negara yang Kemungkinan Terlibat Perang Dunia III

1. Amerika Serikat 

AS ​​bisa dibilang menjadi negara paling berpengaruh dalam serangkaian konflik di dunia saat ini. Berstatus sebagai negara adidaya, AS memiliki jangkauan militer global paling luas.  Negeri Paman Sam memiliki sekutu di mana-mana, seperti Eropa, Asia, Afrika, serta tentu saja Australia.

Sekutu AS yang paling kentara di Asia adalah Korea Selatan dan Jepang. Dua negara tersebut sangat bergantung dengan AS jika terjadi konflik, yakni Korsel dengan Korut serta Jepang dengan China.

Selain itu AS sedang merangkul Filipina terkait konflik Laut China Selatan dengan China. Konflik lain adalah isu kemerdekaan Taiwan dari China.

Di Eropa, semua anggota NATO adalah sekutu AS, meski Turki terkadang menentang.

2. NATO 

Anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) saat ini berjumlah 31 negara, yakni 28 di Eropa, 2 di Amerika Utara, dan 1 Eurosia. Peran NATO semakin kentara sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Negara-negara NATO berlomba-lomba membantu Ukraina, untuk melawan Rusia, sehingga saat mungkin terlibat dalam Perang Dunia III, terutama jika terjadi di Eropa. 

Bahkan beberapa negara sudah merestui jika Ukraina menggunakan senjata mereka untuk menyerang wilayah Rusia lebih dalam.

Senjata bantuan anggota NATO untuk Ukraina antara lain, amunisi artileri, roket, rudal pertahanan, tank, hingga jet tempur.

Beberapa anggota NATO yang memiliki nuklir adalah AS, Inggris, dan Prancis.

3. Australia

Australia juga berpotensi terlibat dalam Perang Dunia III. Negeri Kangguru juga sekutu dekat AS. Kedua negara tersebut bersama Inggris menjalin aliansi pertahanan bersama yang dikenal dengan AUKUS.

Salah satu program konkret dari aliansi itu adalah pengembangan dan pembuatan kapal selam nuklir untuk Australia. 

Tantangan yang dihadapi Australia saat ini adalah upaya China yang sedang memperluas pengaruhnya di Indo-Pasifik. Ini yang menjadi alasan utama Australia mengembangkan kekuatan militernya, termasuk persenjataan. 

4. Rusia

Lawan terdekat AS jelas saja Rusia. Negeri Beruang Merah menjadi pemain penting jika Perang Dunia III terjadi. Rusia sangat geram dengan AS dan sekutu-sekutunya terkait pemberlakuan rentetan sanksi yang memukul perekonomiannya.

Kedua negara itu juga pemilik senjata nuklir terbesar. Hulu ledak gabungan kedua negara memenuhi 90 persen dari total yang saat ini tersedia di dunia. Tak terbayangkan bagaimana dahsyatnya jika Perang Dunia III pecah menggunakan senjata nuklir.

Para pengamat berspekulasi Perang Dunia III bisa saja terjadi jika negara-negara Barat yang mengirim senjata ke Ukraina ikut menyerang Rusia. Para pejabat Rusia menegaskan, pihaknya bisa saja menggunakan senjata nukir jika keamanan nasionalnya terancam.

5. Iran

Iran merupakan sekutu dekat Rusia. Hampir bisa dipastikan Iran diseret oleh Rusia dalam Perang Dunia III, demikian sebaliknya. Iran memiliki ketergantungan tinggi terhadap Rusia, demikian pula sebaliknya.

Rusia disebut-sebut mengandalkan pasokan senjata dari Iran, seperti drone kamikaze, dalam perang di Ukraina. Selain itu Iran juga bisa mengirim rudal-rudalnya yang banyak.

Salah satu ketakutan Barat terhadap Iran adalah program nuklirnya. AS curiga Iran mengembangkan nukir untuk persenjataan, meski belum ada bukti resmi. Badan Energi Atom Internasional (IAEA) juga memastikan belum ada indikasi Iran membuat senjata nuklir.  

Jika perang besar pecah di Timur Tengah, hampir dipastikan Iran akan terlibat. 

6. China 

China juga sekutu dekat Rusia. Namun China tampaknya akan lebih berhati-hati dalam menentukan kebijakan militernya, apalagi perang. 

Isu besar yang dihadapi China saat ini adalah upaya pemisahan diri Taiwan serta sengketa Laut China Selatan dengan negara-negara ASEAN. 

Meski demikian, ada peluang yang cukup besar Rusia menyeret China dalam Perang Dunia III jika terjadi.

7. Korea Utara

Keterlibatan Korut dalam Perang Dunia III juga sangat besar, apalagi terkait konflik dengan Korsel dan AS.

Selain itu Korut juga bisa diseret oleh Rusia dan China dalam perang besar tersebut. Apalagi Korut memiliki ketergantungan tinggi terhadap China dalam bidang ekonomi, perdagangan, dan diplomatik. 

Senjata nuklir dan rudal yang dimiliki Korut bisa sangat diandalkan untuk menyerang Korsel, Jepang, maupun AS dan sekutu lainnya. Bahkan pemimpin Korut Kim Jong Un pada 2021 lalu mengancam AS dengan senjata nuklirnya jika berani macam-macam, mengganggu keamanan negaranya. 

Topik Menarik