Hadiah Nobel Perdamaian 2024 Diraih Organisasi Jepang Nihon Hidankyo, Ini Perannya

Hadiah Nobel Perdamaian 2024 Diraih Organisasi Jepang Nihon Hidankyo, Ini Perannya

Terkini | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 16:43
share

OSLO, iNews.id - Hadiah Nobel Perdamaian 2024 jatuh kepada Nihon Hidankyo, organisasi asal Jepang yang menangani para korban selamat bom atom Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945.

"Komite Nobel Norwegia memutuskan untuk memberikan Hadiah Nobel Perdamaian 2024 kepada organisasi asal Jepang, Nihon Hidankyo," bunyi pernyataan Komite, dikutip dari Sputnik, Jumat (11/10/2024). 

Nihon Hidankyo disebut sebagai gerakan akar rumput yang menangani para penyintas bom atom Hiroshima dan Nagasaki atau juga dikenal sebagai Hibakusha.

Komite Nobel menjelaskan, Hadiah Nobel Perdamaian 2024 diberikan atas upaya organisasi tersebut dalam mewujudkan dunia yang bebas senjata nuklir. Nihon Hidankyo berupaya mengampanyekan dunia bebas senjata nuklir atau tidak boleh digunakan lagi dengan menggunakan kesaksian para penyintas bom atom.

Pengumuman ini cukup mengejutkan karena sebelumnya santer disebut-sebut Sekjen PBB Antonio Guterres serta badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina UNRWA yang mendapatkannya.

Sementara itu pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2023 adalah Narges Mohammadi, aktivis hak-hak perempuan Iran yang dipenjarakan. Dia dianggap berjasa atas perjuangannya melawan penindasan terhadap terhadap perempuan di Iran serta perjuangannya yang tak kenal lelah untuk melakukan reformasi sosial di Iran.

Hadiah Nobel Perdamaian bisa diberikan kepada individu atau organisasi yang dianggap berjasa atas peran tertentu. Pemenang akan mendapat uang tunai 11 juta krona Swedia atau sekitar Rp16,5 miliar. 

Topik Menarik