Nikita Mirzani Dituduh Langgar UU ITE, Kuasa Hukum: Itu Kan Mama Lemon

Nikita Mirzani Dituduh Langgar UU ITE, Kuasa Hukum: Itu Kan Mama Lemon

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 14:35
share

JAKARTA, iNews.id - Kuasa hukum Nikita Mirzani, Fahmi Bachmid, menilai laporan yang dilayangkan Razman Arif Nasution dan keluarga Vadel Badjideh terhadap kliennya soal dugaan pencemaran nama baik masih belum jelas.

Menurut Fahmi, ketidakjelasan itu terkait validasi subjek hukum atau identitas pelaku itu sendiri. Di sisi lain, dalam video dugaan pencemaran nama baik, banyak yang menyebutnya dengan panggilan 'Mama Lemon'.

"Jadi, bukan Nikita Mirzani. Kalau Anda lihat, orang di Instagram itu menyampaikannya 'Mama Lemon'," ujar Fahmi Bachmid di Kawasan Condet, Jakarta Timur, belum lama ini.

Karena itu, kata Fahmi, yang sepatutnya dilaporkan adalah 'Mama Lemon' bukan Nikita Mirzani. "Harusnya yang dilaporkan 'Mama Lemon', karena subjek hukum dalam perkara pidana itu jelas. Beda dengan tindak pidana yang tidak diketahui siapa pelakunya," ujar Fahmi.

"Jadi, dalam perkara tindak pidana pencemaran itu jelas harus mengerucut pada siapa pelakunya," lanjutnya.

Fahmi menegaskan, terlapor yang tepat dalam laporan Razman dan keluarga Vadel adalah 'Mama Lemon'. Jika mengarah pada sosok tertentu termasuk Nikita Mirzani, Fahmi meyakini hal itu akan menuai perdebatan panjang.

"Kalau memang itu 'Mama Lemon' ya laporkan. Tapi, kalau melaporkan orang lain, nanti terjadi perdebatan, sedangkan yang melakukan itu bukan Nikita," jelasnya.

Pendapat Fahmi soal Nikita Mirzani di Balik Karakter 'Mama Lemon'

"Akun itu tidak bisa berbuat apa-apa. Yang namanya pencemaran nama baik, itu pasti yang melakukan manusia. Akun tidak bisa memfitnah, yang memfitnah pasti manusia. Manusia di dalam peristiwa ini disebut sama teman-teman selalu 'Mama Lemon'," kata dia.

Sebagai informasi, Razman Arif Nasution dan keluarga Vadel Badjideh kompak melaporkan Nikita Mirzani terkait dugaan kasus pencemaran nama baik dan fitnah ke Polres Metro Jakarta Selatan pada awal Oktober 2024.

Laporan mereka merupakan bentuk perlawanan terhadap Nikita Mirzani usai diduga membuat konten nyeleneh lewat akun Instagram @nikitamirzanimawardi_172 menggunakan emotikon lemon.

Razman tak terima dengan sederet pernyataan yang disampaikan karakter lemon di akun tersebut dan dinilai sudah merusak citranya.

Sementara keluarga Vadel Badjideh merasa tersinggung, karena Vadel disebut sebagai 'Kang Semir' hingga orang miskin.

Topik Menarik