6 Desa di Tegal Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Suasananya Sejuk Bikin Tenang

6 Desa di Tegal Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Suasananya Sejuk Bikin Tenang

Travel | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 13:48
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Tegal harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Beberapa desa menyimpan pemandangan menakjubkan untuk dijelajahi.

Tegal merupakan kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan dan industri di pesisir utara Jawa, terutama terkenal dengan produksi teh, makanan khas seperti warteg (warung tegal), serta wisata kuliner, seperti tahu aci dan teh poci.

Kota ini memiliki pelabuhan yang aktif dan juga menjadi salah satu kota transit bagi para wisatawan yang melintasi jalur Pantura (Pantai Utara). Kabupaten Tegal, yang lebih luas dari kotanya, memiliki wilayah pegunungan seperti Gunung Slamet serta pesisir pantai, sehingga menawarkan beragam potensi wisata alam, seperti wisata pantai di daerah pesisir Laut Jawa dan wisata pegunungan di kaki Gunung Slamet.

Namun, di balik keindahannya ada beberapa desa yang menakjubkan untuk dijelajahi. Penasaran, di mana saja desa menakjubkan yang bisa dijelajahi? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (11/10/2024).

Desa di Tegal 

1. Desa Guci

Desa pertama yang harus dikunjungi ada Desa Guci yang terkenal dengan keindahan alam pegunungan di lereng Gunung Slamet. Suasana sejuk, hamparan sawah hijau, dan pemandangan yang asri membuat desa ini menjadi tempat wisata yang populer. Berada di sini jangan lewatkan untuk singgah ke tempat pemandian air panas Guci. Ini adalah sumber air panas alami yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Kemudian ada Air Terjun Jedor yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter, dikelilingi pepohonan rindang. Desa Guci berlokasi di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

2. Desa Bumijawa

Selanjutnya ada Desa Bumijawa yang berlokasi di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, termasuk area perbukitan yang subur dan panorama pegunungan. Berada di sini jangan lewatkan untuk singgah ke Bukit Bintang Bumijawa. Tempat ini cocok untuk camping dengan pemandangan Kota Tegal dari ketinggian. Selain itu ada juga Curug Pengantin. Air terjun yang indah dan masih alami, sangat cocok untuk para pencinta alam. Desa Bumijawa berlokasi di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

3. Desa Jatinegara

Desa ini memiliki panorama pegunungan yang asri dengan udara segar. Cocok untuk yang mencari ketenangan dari hiruk-pikuk perkotaan. Berada di desa ini jangan lewatkan untuk singgah ke Curug Sigeyong. Air terjun yang tersembunyi dengan suasana tenang dan alami. Selain itu ada Curug Kali Rambu. Air terjun kecil dengan kolam alami di bawahnya yang menyegarkan. Desa Jatinegara berlokasi di Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

4. Desa Kalibakung

Desa ini terkenal dengan keindahan sungai yang mengalir jernih di antara pepohonan dan perbukitan yang hijau. Berada di desa ini jangan lewatkan untuk singgah ke Pemandian Air Panas Kalibakung merupakan pemandian air panas alami yang dikelilingi oleh keindahan alam hijau. Desa Kalibakung berlokasi di Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

5. Desa Bojong

Desa Bojong berlokasi di wilayah pegunungan dengan pemandangan alam yang sejuk dan asri, cocok bagi mereka yang menyukai wisata alam. Berada di desa ini Anda harus mengunjungi Curug Pitu, air terjun bertingkat yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Desa Bojong berlokasi di Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

6. Desa Sigedong

Desa ini berada di kaki Gunung Slamet, menawarkan pemandangan hutan hijau yang alami dan udara sejuk khas pegunungan. Desa Sigedong memiliki pemandangan perkebunan teh yang luas. Tempat ini cocok untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati udara segar. Desa Sigedong berlokasi di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Itulah seputar desa di Tegal yang memberikan keindahan menakjubkan. Kombinasi keindahan alam pegunungan, air terjun, serta sumber air panas yang alami, menjadikannya destinasi wisatanya cocok petualangan di alam.

Topik Menarik