7 Tim E-sport Terkaya di Dunia, Pendapatannya Gak Kaleng-Kaleng! 

7 Tim E-sport Terkaya di Dunia, Pendapatannya Gak Kaleng-Kaleng! 

Terkini | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 09:07
share

JAKARTA, iNews.id - Penasaran tim e-sport terkaya di dunia siapa saja? Pendapatan tim e-Sport tak main-main jumlahnya dari hasil memenangkan hadiah suatu pertandingan.

E-sport menyediakan sumber pendapatan dan peluang karier bagi gamer. Memenangkan kompetisi bisa dibilang cara paling mudah menghasilkan uang. 

Namun memenangkan hadiah turnamen secara konsisten bukan suatu yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, pemain e-sport juga streaming untuk mendapatkan pendapatan lain. 

Subscriber berbayar juga merupakan cara yang baik bagi streamer menghasilkan pendapatan. Sponsor juga dapat membantu menambah cuan. Saat tim atau pemain mendapatkan pengikut yang cukup besar, menjual merchandise juga menjadi cara baik mendapatkan uang tambahan.

Jadi siapa saja tim e-sport yang mempunyai pendapatan besar dan terkaya? Berikut ulasannya.

Tim E-sport Terkaya di Dunia

1. Team Liquid

Team Liquid dimulai sebagai situs web komunitas game. Mereka mensponsori tim Belanda StarCraft: Brood War pada  2010. Seiring waktu, tim mengubah permainan yang mereka mainkan. Mereka mendapatkan pemain profesional pertama mereka ketika mulai bermain StarCraft II: Wings of Liberty pada  2010. Mereka merekrut pemain Dota2 pertama mereka pada 2012.

Pada 2015, Team Liquid bergabung dengan Team Curse, mendapatkan pemain dan manajemen Team Curse. Team Liquid menjadi bagian dari perusahaan manajemen hiburan dan olahraga, aXiomatic pada 2016. Perusahaan Walt Disney memilih Team Liquid untuk berpartisipasi dalam program 'Disney Accelerator' pada 2017.

Tim Liquid telah memenangkan berbagai turnamen selama hidupnya, melalui berbagai permainan. Namun, keberhasilan terbesarnya adalah memenangkan The International 2017 (TI17), yang membawa mereka 10.862.683 dolar AS. Total hadiah yang sudah dimenangkan Team Liquid sebesar 50.958.857 dolar AS atau dikonversi sekira Rp798 miliar.

2. Team OG

Team OG yang berbasis di Eropa dimulai sebagai tim Monkey Business, yang berganti nama pada Oktober 2015.  Terobosan mereka datang di Frankfurt Major 2015, di mana mereka mengalahkan Evil Geniuses, CDEC Gaming, dan Team Secret.

Team OG juga memenangkan Manila Major 2016, sehingga membuat mereka menjadi skuad pertama dalam sejarah Dota 2 yang memenangkan dua turnamen besar. Memang, Teamm OG memenangkan lima dari sepuluh turnamen pertama yang dimasuki. Total hadiah yang sudah mereka menangkan sebesar 38.552.932 dolar AS atau sekira Rp603 miliar.

3. Evil Geniuses

Evil Geniuses alias EG, adalah organisasi eSports yang sebagian besar berasal dari Amerika Utara berbasis di San Francisco. Alexander Garfield awalnya mendirikan tim sebagai Counter-Strike Kanada pada  1999.

Pemain paling sukses mereka adalah Sumail Hassan. Ayah Sumail mendapatkan pekerjaan di Amerika Serikat, dan Sumail bergabung dengan Evil Geniuses pada Januari 2015. Tim ini memenangkan Kejuaraan Dota Asia sebulan kemudian.

Evil Geniuses adalah anak perusahaan dari GoodGame Agency, yang dimiliki oleh divisi Twitch Amazon. Total hadiah yang sudah dimenangkan sebesar 28.567.423 dolar AS atau sekira Rp447 miliar. 

4. Team Spirit

Team Spirit merupakan organisasi eSports Rusia yang didirikan pada 2015. Saat ini, tim dari organisasi bersaing di CS: GO, Dota 2, League of Legends, dan Hearthstone.

Pada Desember 2015, Team Spirit mengakuisisi CIS Rejects dan membentuk skuad Dota 2 pertama mereka. Desember 2020 menandai lineup Yellow Submarine. Team Spirit mengalahkan PSG. LGD di Grand Finals of The International 2021, menghasilkan lebih dari 18 juta dolar AS, hadiah tertinggi yang pernah diberikan di eSports. 

Organisasi ini juga satu-satunya tim Eropa Timur lainnya yang memenangkan penghargaan bergengsi. Adapun total hadiah yang sudah dimenangkan yakni 30.781.277dolar AS atau sekira Rp482 miliar.

5. Team Secret

Dota 2 adalah salah satu game yang paling banyak ditampilkan. Untuk Team Secret, Dota 2 adalah pokok. Ketika tim ini diciptakan pada 2014, dengan cepat berprestasi. Team Secret juga diwakili oleh lebih dari 19 negara, menjadikannya salah satu tim paling beragam di planet ini, sebagaimana dikutip dari Influencer Marketing Hub, Jumat (11/10/2024).

Salah satu prestasi utama Team Secret terjadi pada 2016 ketika mereka menyambut tim Counter-Strike: Global Offensive wanita internasional. Sejak itu, tim ini telah melanjutkan untuk memperluas daftar game-nya. Judul termasuk Age of Empires II, Apex Legends, dan Fortnite. Total hadiah yang sudah dimenangkan 20.646.922 dolar AS atau sekira Rp323 miliar.

6. Natus Vincere

Tim ini sudah memenangkan hadiah sebesar 22.446.074 dolar AS atau setara Rp351 miliar. Natus Vincere didirikan pada Desember 2009. Mereka menjadi tim Dota 2 dan World of Tanks. Untuk penggemar game dan trivia, Natus Vincere juga disebut sebagai "NAVI", yang dipinjam dari kesuksesan blockbuster James Cameron Avatar.

7. Fnatic

Fnatic berbasis di London, meskipun banyak pemain terbaiknya berasal dari Swedia. Fnatic telah mengumpulkan tim khusus untuk berbagai permainan, termasuk Dota 2, Hearthstone, dan League of Legends.

Sam dan Anne Mathews (anak dan ibu) mendirikan Fnatic pada 2004, karena mereka melihat masa depan potensial untuk eSports. Mereka memilih untuk membangun tim pemain bagus dari seluruh dunia. Tim League of Legends mereka memenangkan Kejuaraan Dunia League of Legends pertama pada 2011.  Total hadiah yang dimenangkan sebesar 21.221.210 dolar AS atau setara Rp332 miliar.

Itu tadi tim e-sport terkaya di dunia yang mempunyai beragam prestasi.

Topik Menarik