Presiden AFC asal Bahrain, Wasit dari Federasi Sama, Kemenangan Timnas Indonesia pun Dirampok

Presiden AFC asal Bahrain, Wasit dari Federasi Sama, Kemenangan Timnas Indonesia pun Dirampok

Berita Utama | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 07:20
share

RIFFA, iNews.id - Kemenangan Timnas Indonesia atas Bahrain dirampok wasit. Netizen Indonesia pun langsung menyoroti dua temuan yang dianggap berhubungan dengan pertandingan ini. 

Bermain di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB, kemenangan Timnas Indonesia dirampok wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf. 

Bagaimana tidak, Tim Garuda yang sudah unggul 2-1 batal menang karena gol balasan Timnas Bahrain yang dicetak Mohamed Marhoon terjadi pada menit ke-90+9. Padahal tambahan waktu yang tertera hanya enam menit. 

Pada laga itu, Bahrain unggul lebih dulu melalui Marhoon pada menit ke-15. Kemudian, Indonesia menyamakan skor melalui sepakan Ragnar Oratmangoen (45+3’). 

Gol Rafael Struick (73’) membuat Tim Garuda berbalik unggul, sebelum akhirnya Marhoon kembali mencetak gol di saat seharusnya pertandingan sudah usai. 

Sebelum laga, netizen sebenarnya sudah ramai membicarakan penunjukan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf. Pasalnya, Oman dan Bahrain berasal dari federasi yang sama, yakni Federasi Sepak Bola Asia Barat (WAFF). 

Ini tidak biasa, karena umumnya untuk menjaga netralitas, wasit yang memimpin pertandingan seharusnya berasal dari federasi berbeda dari kedua tim yang bertanding. 

Usai pertandingan, netizen kembali ramai menghubungkan penunjukan wasit asal Oman itu, dengan kebijakannya yang berat sebelah, dengan keberadaan Presiden AFC. 

Dalam temuan netizen, Presiden Asosiasi Sepak Bola Asia itu ternyata Salman bin Ibrahim Al Khalifa yang merupakan orang Bahrain. Dia sudah lama memimpin AFC selama 11 tahun sejak 2 Mei 2013.

Meski tak ada bukti, netizen beranggapan aroma kecurangan dalam laga Timnas Indonesia kontra Bahrain semalam ada hubungannya dengan semua keterkaitan ini. 

Topik Menarik