MNC Bank Gelar Kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan di MNC University

MNC Bank Gelar Kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan di MNC University

Ekonomi | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:48
share

JAKARTA, iNews.id - MNC Bank menggelar kegiatan literasi dan inklusi keuangan bagi Mahasiswa MNC University di Auditorium MNC University Lt.6, Rabu (9/10/2024). Kegatan ini merupakan bentuk komiten MNC Bank dalam upaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan ketersediaan akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa. 

Selain menjadi bagian dari partisipasi MNC Bank dalam program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, rangkaian kegiatan MNC Bank Goes to Campus juga sekaligus menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun MNC Bank yang jatuh pada 15 Oktober 2024 mendatang. 

Di usianya yang akan genap 1 dekade, MNC Bank senantiasa berkomitmen untuk dapat memberikan kontribusi nyata kepada seluruh lapisan masyarakat dalam berbagai aspek, salah satunya melalui peningkatan pemahaman dan akses keuangan.

Pada kesempatan ini, Corporate Secretary Group Head MNC Bank, Heru Sulistiadhi menyampaikan bahwa kegiatan Goes to Kampus merupakan wujud nyata komitmen MNC Bank dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas. 

“Sebagai rangkaian dari perayaan HUT ke-10 MNC Bank, kami percaya bahwa perusahaan tidak hanya berorientasi pada profit dan kelangsungan bisnis, tetapi juga aktif berkontribusi dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Kegiatan siang hari ini merupakan aksi nyata kami dalam berkontribusi melalui upaya peningkatan pemahaman dan akses keuangan kepada masyarakat, khususnya pelajar” ucap Heru dalam sambutannya.

Sementara itu, Rektor MNC University Mariati Tirta Wiyata mengapresiasi terselenggaranya kegiatan literasi dan inklusi keuangan bagi mahasiswa karena akan menjadi pengalaman berharga dan memperdalam pengetahuan terkait bagaimana mengelolah keuangan yang bijak terutama di era digital saat ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada MNC Bank atas inisiatif luar biasa dalam menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan ini. Program ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai pengelolaan keuangan yang bijak, terutama di era digital seperti sekarang,” kata Maria.

Maria menambahkan, sebagai institusi pendidikan, MNC University berkomitmen untuk mempersiapkan mahasiswa tidak hanya secara akademis, tetapi juga secara praktis, agar mereka dapat menghadapi tantangan dunia nyata. Literasi keuangan adalah salah satu aspek penting yang harus dikuasai, mengingat betapa cepatnya perubahan dalam industri keuangan, baik dari segi teknologi maupun kebijakan.

Maria juga berharap berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan baru bagi mahasiswa tentang bagaimana mengelola keuangan pribadi secara efektif, memahami produk-produk perbankan, dan mempersiapkan masa depan finansial mereka dengan lebih baik. 

Dengan pengetahuan yang diperoleh, kami yakin para mahasiswa akan mampu membuat keputusan keuangan yang lebih bijak, serta turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi secara keseluruhan.

Adapun dalam kegiatan ini, MNC Bank menghadirkan Octavia Shintamarito selaku Digital Business Group Head MNC Bank dalam memberikan edukasi kepada peserta yang hadir tentang bagaimana menggunakan produk dan layanan perbankan digital dengan bijak dan cakap. 

Dalam paparannya,Octavia menjelaskan bahwa di tengah kemudahan yang dapat dinikmati dari layanan perbankan digital, terdapat beragam potensi risiko yang dapat muncul di dalamnya. 

“Saat ini berbagai platform keuangan baik itu bank maupun non-bank berlomba menawarkan kemudahan bagi calon konsumen agar dapat menggunakan layanannya. Kita sebagai konsumen dituntut untuk dapat bijak dalam memilah serta menggunakan produk dan layanan yang disediakan. Pemahaman mengenai karakteristik produk dan layanan sangat penting agar kita dapat terhindar dari potensi risko yang dapat muncul,” ujar Octavia.

Kemudian sesi berikutnya terkait Career Talk yang disampaikan oleh Human Resource Group Head MNC Bank, Utik Maya Sari yang mengulas tentang gambaran proses dan informasi yang dibutuhkan peserta untuk membuat keputusan tentang bagaimana merencanakan dan mengembangkan karir di berbagai industri, khususnya di industri perbankan.

Utik menjelaskan, dengan mempersiapkan karier sejak dini, mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dunia kerja dan persyaratan yang dibutuhkan dalam bidang yang diminati. 

“Salah satu yang cukup penting adalah memperbanyak pengalaman dan kegiatan organisasi. Berorganisasi dapat membuat kemampuan komunikasi interpersonal seorang mahasiswa terlatih. Hal tersebut merupakan salah satu modal penting untuk dapat survive di dunia kerja yang dinamis" kata Utik.

Topik Menarik