Momen Wapres Jadi Imam Salat di Sela KTT ASEAN Laos, PM Anwar Ibrahim Jadi Muazin

Momen Wapres Jadi Imam Salat di Sela KTT ASEAN Laos, PM Anwar Ibrahim Jadi Muazin

Terkini | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 19:26
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menunjukkan kedekatan sebagai dua pemimpin negara yang bertetangga di sela perhelatan KTT ASEAN di National Convention Center (NCC), Vientiane, Laos, pada Rabu (9/10/2024). Mereka salat berjemaah.

Kedua tokoh senior tersebut tidak hanya memperlihatkan kehangatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia, tetapi juga kedekatan sebagai seorang sahabat.  Di sela-sela KTT, keduanya menikmati minuman dan makanan ringan coffee break dan berbincang akrab.

Selain berbincang santai, Wapres Ma’ruf Amin dan PM Anwar Ibrahim juga melaksanakan salat berjemaah bersama. Yang menarik, Anwar Ibrahim menjadi muazin dengan mengumandangkan ikamah dan menjadi makmum, sementara Wapres Ma’ruf bertindak sebagai imam salat. 

Sebelumnya, Ma'ruf Amin menggantikan Jokowi untuk menyampaikan salam perpisahan di depan pimpinan ASEAN. Di depan para delegasi, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan perpisahan karena masa kepemerintahannya segera berakhir.

“KTT kali ini merupakan KTT terakhir yang dihadiri oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Saya ingin menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang tidak dapat hadir di KTT ini karena berbagai urusan kenegaraan,” tutur Wapres.

Salam perpisahan tersebut mendapat tanggapan dari sejumlah pemimpin ASEAN lain, salah satunya Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh yang berharap Presiden Joko Widodo dapat terus berkontribusi terhadap ASEAN. 

“Saya mengapresiasi Presiden Jokowi dan berharap bisa berkontribusi pada ASEAN dalam kapasitas lain,” ujarnya.

Topik Menarik