Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Pindah Federasi, Erick Thohir: Harus Raih Poin dari Bahrain dan China!

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Pindah Federasi, Erick Thohir: Harus Raih Poin dari Bahrain dan China!

Olahraga | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 11:43
share

YOGYAKARTA, iNews.id – Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi pindah federasi, dan dipastikan bisa segera melakoni debut di Timnas Indonesia. Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung menargetkan Tim Garuda meraih poin dari dua laga kontra Bahrain dan China.  

Kepastian kedua amunisi baru itu memperkuat Tim Garuda terjadi setelah FIFA menyatakan kedua pemain eligible untuk bermain mewakili Indonesia. 

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengucapkan sumpah kewarganegaraan di Auditorium Kedubes RI untuk Belgia, Brussels, Senin (30/9/2024). 

Setelah keduanya mengucapkan sumpah menjadi WNI, PSSI langsung memproses pindah federasi. Kini, proses tersebut telah selesai, dan keduanya bisa bermain untuk Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Dalam ajang tersebut, Timnas Indonesia bakal melakoni dua pertandingan tandang kontra Bahrain di Bahrain National Stadium, Kamis (10/10/2024). Kemudian, Tim Garuda bakal terbang ke China untuk meladeni tuan rumah di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024). 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah memanggil 27 pemain untuk melakoni dua pertandingan tersebut. Nama Mees Hilgerls dan Eliano Reijnders termasuk di dalamnya.

Erick Thohir Pasang Target

Resminya Mees dan Eliano untuk membela Timnas Indonesi disambut baik Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Keberadaan kedua pemain baru tersebut membuat Erick Thohir langsung menargetkan Tim Garuda harus pulang membawa poin dari Bahrain dan China. 

"Meski demikian, jangan anggap ketika lawan Australia atau Jepang dan tim lain, timnas kita langsung diposisikan sebagai lawan yang seimbang,” ujar Erick Thohir dalam rilis yang diterima iNews.id, Kamis (3/10/2024). 

“Peringkat FIFA menyatakan perbedaan itu. Karena kita underdog, maka target saya dengan hadirnya Mees dan Eliano, kita harus meraih poin saat pertandingan tandang di Bahrain dan China nanti," katanya. 

Menurut Erick,  target mengumpulkan 15 poin dalam 10 laga di Grup C pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia merupakan tugas yang tidak mudah karena posisi Indonesia terhitung underdog.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan STY mengumpulkan dua poin setelah dua kali imbang kontra Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0). 

"Ketika timnas mampu bersaing dengan negara-negara kuat di Asia, masyarakat kita bangga dengan sepak bola yang mampu menaikkan martabat Indonesia. Dukungan  ini yang saya harapkan hadir langsung di Bahrain dan Cina nanti," kata Erick.

Topik Menarik