Viral Pemotor Aksi Freestyle di Jalan Raya hingga Nyaris Terlindas Truk, Netizen: Celaka Jangan Ajak-Ajak

Viral Pemotor Aksi Freestyle di Jalan Raya hingga Nyaris Terlindas Truk, Netizen: Celaka Jangan Ajak-Ajak

Otomotif | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 11:03
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial memperlihatkan seorang pengendara motor ugal-ugalan di jalan raya. Bahkan, pengendara tersebut nyaris terlindas truk.

Video tersebut jadi perhatian warganet setelah diunggah akun Instagram @agoezbandz4. Dalam video terlihat seorang pengendara skutik melakukan aksi freestyle dengan mengangkat ban depan (standing). 

Bukan sekadar mengangkat ban depan, dia juga meliuk-liukan ban belakang yang sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Bahkan, beberapa kali pengendara tersebut menaikkan ban depan motornya sambil mendekatkan ke mobil dari arah berlawanan. Ini membuatnya hampir tertabrak truk dan mobil penumpang saat melakukan aksi.

Aksi freestyle di jalan raya dilarang karena bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bahkan, pelakunya bisa dikenakan sanksi denda hingga kurungan penjara.

Sanksi melakukan freestyle motor di jalan raya adalah denda paling banyak Rp750.000 atau pidana kurungan paling lama 3 bulan. Hal ini sesuai dengan Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009. 

Freestyle motor adalah olahraga ekstrem yang dilakukan dengan mengendarai sepeda motor dan melakukan trik di udara atau darat. Tindakan ini dapat membahayakan pengguna jalan lain, sehingga dilarang oleh UU LLAJ. 

Video tersebut menarik perhatian warganet dan mengecam aksi membahayakan tersebut. Banyak yang menyalahkan aksi pengendara motor tersebut karena membuat pengguna jalan lain berisiko kecelakaan.

"Belum waktunya aj, klo nnti misalnya fatal ya ada baiknya vs pohon atau benda mati lainnya, jangan ajak2 orang lain klo mau celaka. Dikasih nyawa cuma satu gak digunakan sebaik2nya," kata @sen***.

"Mentang mentang jalan halus mulus buat ngetrek kalo punya skil mending buat sirkus," ujar @wid***.

"Kalo sekiranya mau celaka jangan ajak orang lain di sekitar jalan yaa," tulis @har***.

"Gapapa si kayak gitu asal kalo jatuh jangan nyusahin orang, klo bisa lu ke rs jalan sendiri tong," ucap @dan***.

Topik Menarik