Profil Ikang Fawzi, Suami Almarhumah Marissa Haque

Profil Ikang Fawzi, Suami Almarhumah Marissa Haque

Gaya Hidup | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 07:39
share

JAKARTA, iNews.id - Profil Ikang Fawzi. Artis sekaligus pengusaha dan politikus Indonesia ini merupakan suami almarhumah Marissa Haque. Sang istri meninggal dunia, Rabu (2/10/2024) dini hari WIB di usia 61 tahun.

Di industri hiburan, Ikang Fawzi atau Ikang Fauzi mulai terkenal sejak era 1980-an sebagai aktor dan penyanyi. Pada era itu, pemilik nama asli Ahmad Zulfikar Fawzi tersebut telah membintangi banyak film dan memiliki beberapa album solo. 

Perkenalannya dengan dunia film bermula saat dia tampil menjadi penyanyi di acara malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 1981. Usai itu, pria kelahiran 23 Oktober 1959 ini diajak terjun ke dunia film lewat judul ‘Pengantin Remaja 2’ (1982). 

Nama Ikang semakin melambung. Dia pun banyak membintangi film, salah satunya ‘Tinggal Landas Buat Kekasih’ (1984). Di film itu, Ikang dipasangkan dengan aktris cantik yang kemudian menjadi istrinya hingga kini yakni, Marissa Haque. 

Selain itu, film-film populer lainnya yakni Gejolak Kawula Muda (1985), Menggapai Matahari (1986), Seputih Kasih Semerah Luka (1988), Sepondok Dua Cinta (1990), MBA (Married By Accident) (2008), dan terbaru Dear Love (2016).

Selain film, Ikang juga menjajal kemampuan aktingnya di dunia televisi. Dia beberapa kali membintangi judul-judul serial di televisi sebelum akhirnya memutuskan terjun ke dunia politik dan bergabung dalam PAN sejak 2014.

Di lain sisi, karier Ikang Fauzi di dunia musik tidak kalah cemerlang. Sejak era 1980-an, dia telah memiliki sejumlah album solo. Sebut saja Selamat Malam (1985), Randy & Cindy (1986), Isabella (1989), dan lain-lain. Artis berdarah Sunda dan Mandar ini juga mengisi beberapa soundtrack film.

Sebagai penyanyi, Ikang Fauzi juga mendulang sejumlah prestasi. Di antaranya Penyanyi Pria Musik Rock/Pop Rock Terbaik versi Majalah Gadis (1985), Penyanyi Rock Terbaik versi Majalah Gadis (1986), Pencipta Lagu Rock Terbaik dari BASF Award (1987), Album Rock Terbaik dari BASF Award (1987), The Best Selling Indonesian Album dari BASF Award Pop Rock (1987), dan Penyanyi Rock Terbaik versi Majalah Monitor (1989).

Bakatnya di dunia kesenian ini rupanya tak lepas dari darah yang mengalir padanya. Sang ayah, yang bekerja sebagai diplomat, juga seorang pemain Hawaiian, pencipta lagu dan penyanyi. Ayahnya itu pula yang memasukkan Ikang Fauzi saat berusia 10 tahun, ke sekolah musik di Jepang.

Bakat seninya juga ditularkan kepada anak-anaknya, bersama aktris Marissa Haque yang dinikahinya sejak 1986. Chikita Fawzi, misalnya yang kini terjun sebagai aktris dan penyanyi. Kemudian, Isabella Fawzi juga sempat menjadi aktris serta pembawa acara dan penyiar berita.

Ikang juga dikenal sebagai pengusaha. Dia sempat terjun kedua properti. Kehidupannya dengan sang istri dan anak dikenal sangat harmonis.

Profil Ikang Fawzi

Nama: Ahmad Zulfikar Fawzi

Lahir: Jakarta, 23 Oktober 1959 (umur 64)

Istri: Marissa Haque ​(m. 1986)​

Anak: Isabella Fawzi dan Chikita Fawzi

Almamater:

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

Universitas Gadjah Mada

Pekerjaan:

Aktor, penyanyi, politikus, pengusaha

Tahun aktif: 1979—sekarang

Keluarga

Soraya Haque (ipar)

Shahnaz Haque (ipar)

Nadia Soekarno (keponakan)

Topik Menarik