Pelatih Tunggal Putra Indonesia Bakal Gembleng Alwi Farhan Agar Jadi Pemain Juara

Pelatih Tunggal Putra Indonesia Bakal Gembleng Alwi Farhan Agar Jadi Pemain Juara

Olahraga | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 11:22
share

JAKARTA, iNews.id- Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah sedang menyiapkan salah satu pemain muda Indonesia Alwi Farhan untuk jadi pemain juara. Terlebih, Alwi Farhan kerap disandingkan dengan juara Japan Open 2024 Alex Lanier.

Baru-baru ini Lanier membuat kehebohan dengan menjadi juara di turnamen bergengsi yakni Japan Open 2024. Pemain 19 tahun itu meraih titel di BWF World Tour level Super 750 perdananya. 

Kemenangan itu juga dirasa luar biasa karena Lanier berhasil mengalahkan para pemain hebat. Sebut saja seperti Shi Yu Qi asal China, Chou Tien Chen asal Taiwan, termasuk menaklukkan pemain Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Hal ini membuat banyak pihak kemudian membandingkan prestasi Lanier dengan Alwi. Pasalnya, keduanya sama-sama jebolan dari Kejuaraan Dunia Junior tahun lalu dan Alwi keluar sebagai juaranya.

Sementara di level senior, Lanier langsung muncul menjadi kekuatan baru. Menanggapi hal ini, Irwansyah menilai bahwa setiap pemain punya prosesnya masing-masing. 

Namun, saat ini ia juga terus menggenjot para pemain muda seperti Alwi untuk bisa naik level. Tapi, Irwansyah juga punya keyakinan bahwa anak asuhnya Alwi memiliki level yang sama dengan Lanier.

"Memang ada pemain yang cepat untuk jadi juaranya. Tapi kita lihat juga. Pemain kita ini kayak Alwi Farhan adalah satu pemain yang saya yakin banget sama dia, untuk bisa selevel itu juga," ucap Irwansyah saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, pada pekan lalu.

"Jadi makanya ya oke sekarang Alex Lanier udah bisa seperti ini (juara), seumuran Alwi kan. Tapi ke depannya kan kita juga enggak tau nih. Saya siapkan untuk ke depan, khususnya kayak Alwi Farhan dan yang lain-lainnya itu untuk mengejar secepatnya. Apalagi dari speed sama powernya karena Alex Lanier itu juga merupakan satu pemain yang punya power," imbuhnya.

"Jadi makanya pemain-pemain kita ini kalah di power sama dia. Jadi ini yang tugas saya untuk menaikkan mereka, untuk mengalahkan juga pemain-pemain yang seperti itu. Kan Alwi juga udah bisa ngalahin dia tadinya juga kan. Cuman tiba-tiba yang Alex Lanier ini yang naik. Kalau menurut saya, insya Allah bisa," sambungnya.

Terbaru, Alwi berhasil menembus semifinal di Macau Open pada akhir pekan lalu. Itu merupakan pencapaian terbaik Alwi dengan pertama kalinya mencapai babak semifinal di turnamen BWF World Tour level Super 300.

Topik Menarik