Rusia Kutuk Pembunuhan Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah

Rusia Kutuk Pembunuhan Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 19:38
share

MOSKOW, iNews.id – Rusia mengutuk pembunuhan pemimpin gerakan Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah, oleh Israel, pekan lalu. Kremlin menilai peristiwa itu dapat meningkatkan situasi di Timur Tengah menjadi semakin tidak stabil.

“Pihak Rusia mengutuk tindakan (pembunuhan Nasrallah)tersebut. Kami yakin bahwa tindakan tersebut telah menyebabkan ketidakstabilan yang signifikan terhadap situasi di kawasan tersebut,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dalam konferensi pers di Moskow, Senin (30/9/2024).

Dia juga menuturkan, pengeboman tanpa pandang bulu oleh Israel terhadap wilayah permukiman di Lebanon pasti akan menyebabkan bencana kemanusiaan. Moskow pun sangat prihatin akan hal itu. 

“Tak pelak lagi, ini akan berujung pada bencana kemanusiaan, sama seperti yang kita lihat di Gaza. Konsekuensi ini tidak boleh membuat kita acuh tak acuh, dan tidak boleh tidak menimbulkan kekhawatiran terdalam,” ujar Peskov.

Pada Sabtu (28/9/2024) lalu, militer Israel memastikan Sekjen Hizbullah, Hassan Nasrallah, gugur akibat serangan udara zionis di pinggiran Kota Beirut, sehari sebelumnya. Komandan Front Selatan Hizbullah, Ali Karaki, juga tewas bersama Nasrallah. 

Tak hanya itu, komandan senior Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Abbas Nilforoushan, dan sejumlah prajurit pengawal Nasrallah juga meninggal akibat serangan Israel.

Topik Menarik