Anggota DPR, DPD dan MPR Dilantik Besok, 5.614 Personel Gabungan Dikerahkan

Anggota DPR, DPD dan MPR Dilantik Besok, 5.614 Personel Gabungan Dikerahkan

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 13:23
share

JAKARTA, iNews.id - Pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR periode 2024-2029 digelar Selasa (1/10/2024) besok. Sebanyak 5.614 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan acara tersebut.

“Kekuatan personel yang dilibatkan dalam pengamanan sebanyak 5.614 personel,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi, Senin (30/9/2024).

Ade Ary menjabarkan, ribuan personel tersebut terdiri atas 4.006 personel Satgas Polda Metro Jaya, 585 personel Satgas Polres, dan 1.023 personel BKO TNI, Mabes Polri dan Pemprov Jakarta.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, pengamanan difokuskan untuk melancarkan jalur masuk para pejabat ke kompleks parlemen. Pihaknya juga mengantisipasi adanya aksi massa di sekitar DPR.

“Kami memfokuskan agar acara inti tidak terganggu, mulai dari kedatangan pejabat-pejabat, pidato, hingga acara pelantikan berakhir. Kita pastikan jalur itu steril dari Semanggi sampai pintu utama DPR RI,” ucap Susatyo.

Susatyo memastikan, personel yang terlibat pengamanan tidak membawa senjata api.

Sementara untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar DPR dan beberapa lokasi lainnya bersifat situasional. 

“Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan,” kata Susatyo.

Topik Menarik