Kebakaran Hebat di Pabrik Bawang Goreng Kuningan, Karyawan Panik Berhamburan ke Luar

Kebakaran Hebat di Pabrik Bawang Goreng Kuningan, Karyawan Panik Berhamburan ke Luar

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 12:46
share

KUNINGAN, iNews.id - Kebakaran hebat melanda pabrik produksi bawang goreng di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Senin (30/9/2024) siang. Api menghanguskan sekitar 2.000 karung bawang siap edar dan enam ton tepung.

Kronologi kejadian bermula ketika seorang pegawai pabrik menyalakan tungku untuk memulai produksi. Saat ditinggal untuk mengerjakan tugas lainnya, api tiba-tiba menyembur dengan cepat, diduga akibat kebocoran tabung gas. 

Banyaknya material mudah terbakar membuat kobaran api dengan cepat membesar dan menjalar ke bangunan di sebelahnya. Kejadian ini membuat pegawai dan warga sekitar panik dan berhamburan menyelamatkan diri. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kuningan, Andri Arga Kusumah mengatakan, kobaran api membuat satu bangunan di sebelahnya turut dilahap si jago merah.

"Ini bangunan pabrik bawang yang awalnya, saksi ingin memasak produksi bawang tersebut menggunakan gas 12 kilogram namun ketika memasak ditinggal beberapa menit terjadi keluarnya api dari gas tersebut," ujar Andri di lokasi.

Dua kendaraan pemadam kebakaran dan 12 petugas dikerahkan untuk memadamkan api. Tidak adanya pintu darurat membuat petugas kesulitan menjangkau titik api yang berada di belakang pabrik. Setelah dua jam, api akhirnya berhasil dijinakkan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang dialami pabrik diperkirakan mencapai 4,5 miliar rupiah. "Dalam waktu dua jam api bisa dipadamkan," ucapnya.

Topik Menarik