Dasco: Susunan Kabinet Prabowo Ditargetkan Rampung H-5 Pelantikan

Dasco: Susunan Kabinet Prabowo Ditargetkan Rampung H-5 Pelantikan

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 10:55
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan kabar terbaru soal kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia mengatakan penyusunan ditargetkan rampung pada H-5 pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih.

"Presiden terpilih punya target kemungkinan H-5 sudah selesai (susun kabinet pemerintahan)," kata Dasco di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Wakil Ketua DPR itu menyampaikan pembahasan mengenai kabinet masih sangat dinasmis, terutama soal nama-nama sejumlah tokoh yang diusulkan partai politik (parpol) pengusung untuk menjadi menteri.

"Nama-nama terutama dari parpol yang proporsinya tidak terlalu lebih besar daripada yang profesional nah ini masih kemudian ada yang masuk ada yang tarik sehingga mungkin fix final kabinet itu agak lama ya," ujarnya.

Oleh karena itu dia meminta semua pihak bersabar menunggu kepastian resmi soal postur kabinet tersebut. Pasalnya, hal ini juga merupakan hak prerogatif Prabowo sebagai presiden terpilih.

"Seperti apa nanti postur kabinetnya, nanti kita akan lihat pada waktunya nanti," ujar dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut komposisi menteri di kabinet Prabowo Subianto sudah tahap finalisasi. Sejumlah nama juga sudah mengerucut siapa saja yang masuk kabinet Prabowo.

"Saya bukan yang akan umumin jadi saya gak paham cuma ya saya kira finalisasi, sudah mulai mengerucut," kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024).

Namun Muzani mengaku tak mengetahui pasti nama-nama dan jumlah menteri tersebut. Dia memastikan profil sejumlah nama untuk menjadi sudah masuk untuk diseleksi.

"Sudah mulai mengerucut portofolio, mungkin jumlah dan nama-nama," tutur Muzani.

Topik Menarik