Kisah Pilu TKW asal Sukabumi Meninggal di Suriah, Diduga Disiksa Majikan

Kisah Pilu TKW asal Sukabumi Meninggal di Suriah, Diduga Disiksa Majikan

Terkini | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 14:43
share

SUKABUMI, iNews.id - Nasib memilukan dialami Sri Erni Juniarti, seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Dia meninggal dunia di Suriah diduga akibat disiksa majikan.

Kabar duka ini disampaikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Suriah kepada keluarga almarhumah.

Bambang Permadi (34) saudara Sri Erni mengatakan, sebelumnya pihak keluarga menerima pesan dari almarhumah bila mengalami kekerasan dari majikan.

"Kabar terakhir yang saya dapat tanggal 19 September atau 20 kemarin dari KBRI Suriah, almarhumah sudah meninggal dunia," ujarnya, Sabtu (28/9/2024). 

Bambang mengungkapkan, almarhumah Sri berangkat ke Suriah tahun 2022. Selama bekerja di negeri orang, dia sempat mengeluhkan perlakuan buruk yang diterima di tempat kerja. 

Dalam percakapan terakhir pada 14 September 2024, Sri mengaku kepalanya dipukul majikannya dengan panci hingga berdarah.

"Pada tanggal 14 itu, saya sempat chatingan dengan almarhumah. Pas saya tanyakan lagi tanggal 19, KBRI mengabarkan beliau meninggal, itu di tanggal sama, tanggal 14 September. Almarhumah disiksa majikannya. Sempat dipukul kepalanya sama panci sampai berdarah," kata Bambang. 

Sementara Jamilah (60) orang tua angkat almarhumah menceritakan hal serupa. Dia menyebutkan anaknya kerap menjadi korban penyiksaan majikan. 

"Kabar terakhir katanya Sri Erni meninggal, terus sebelumnya dia suka telepon kalau dia suka disiksa majikannya. Suka dipukul, terus dikasih makan juga sedikit, kalau udah kerja banyak itu juga," ucap Jamilah.

Topik Menarik