Jokowi Sebut Bandara IKN Rampung Akhir Desember Ini: Pesawat Berbadan Lebar Bisa Turun

Jokowi Sebut Bandara IKN Rampung Akhir Desember Ini: Pesawat Berbadan Lebar Bisa Turun

Berita Utama | inews | Rabu, 25 September 2024 - 10:16
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kali mendarat di bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Ia pun menjamin bandara itu bisa rampung pada Desember ini.

Menurut Jokowi pendaratan kemarin yang dirinya lakukan berjalan mulus. Bahkan, sudah banyak pesawat yang uji coba pendaratan di bandara IKN sebelum dirinya.

"Dengan selesainya airport nusantara kemarin sudah kita melakukan pendaratan yang pertama setelah beberapa kali di coba, kemarin saya tanyakan ke Menhub, benar? Aman? Aman benar? Betul, oke saya landing di Nusantara Airport. Begitu turun runwaynya mulus semua lancar," katanya saat groundbreaking Teras Hutan IKN By Plataran, di IKN, Kalimantan Timur, pada hari ini Rabu (25/9/2024).

Jokowi mengungkapkan pembangunan bandara Nusantara akan selesai pada akhir Desember nanti. Ia pun berharap akan banyak penerbangan yang malui bandara Nusantara sehingga mendongkrak ekonomi setempat.

Pesawat apa saja yang bisa mendarat di IKN? Simak halaman selanjutnya>>>


"Tapi selesainya masih nanti akhir desember akan selesai semua baik terminal, runway, berada di panjang 3.000 sehingga pesawat berbadan lebar bisa turun di IKN. Dan kita harapkan semakin banyak traffic, semakin banyak lalu lintas menuju dan ke IKN memberikan ekosistem keramaian yang bagus ke Ibu kota nusantara yang kita cintai ini," tutur dia.

Sementara itu, Jokowi juga melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Hutan IKN By Plataran. Dalam sambutannya Jokowi menekankan bahwa  investasi di IKN adalah membeli masa depan dan membeli suasana yang kita tidak dapatkan di tempat lain. 

"Saya sangat menghargai investasi yang ingin ditanamkan oleh pelataran di IKN ini, karena kita tahu plataran kelasnya di sebelah mana kita semua tau, karena kalau pelataran sudah masuk IKN artinya akan memberikan sebuah semangat, memberikan spirit bahwa yang lain pasti ikut, karena plataran sudah ada di IKN," ujar dia

Jokowi mengatakan bahwa Teras Hutan IKN akan menyediakan venue dan dining berkelas dunia, di atas lahan kurang lebih 2.000 meter. Dirinya menyebut pembangunan akan selesai selama satu tahun.

"Kalau ada investasi pasti saya tanya bukan mulainya tapi selesainya kapan. kurang lebih 1 tahun, InsyaAllah 1 tahun, jadi 1 tahun lagi kita akan bisa melihat bahwa plataran sudah ada di IKN," ucap Jokowi.

Topik Menarik