Menhan Prabowo Bertemu Presiden Filipina Marcos Jr, Singgung Kerja Sama Pertahanan

Menhan Prabowo Bertemu Presiden Filipina Marcos Jr, Singgung Kerja Sama Pertahanan

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 07:53
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr atau akrab disapa Bongbong Marcos di Istana Malacanang, Manila, Jumat (20/9/2024). Prabowo disambut hangat orang nomor satu di Filipina itu.

“Kami menghargai upaya Anda untuk mengakomodir pertemuan ini. Terima kasih banyak,” kata Prabowo dalam keterangannya, Sabtu (21/9/2024). 

Dalam pertemuan ini, Prabowo menyinggung soal kerja sama di bidang pertahanan. Dia menegaskan, Indonesia menganggap Filipina sebagai mitra strategisnya di sektor pertahanan.

“Saya sangat terkesan dengan kepemimpinan Anda. Wawasan strategis Anda telah memajukan posisi Filipina di panggung global secara signifikan, menunjukkan kemajuan yang nyata dalam bidang politik, ekonomi, dan militer,” ujarnya.

Prabowo juga menyampaikan apresiasi kepada Filipina atas keberhasilannya menjadi tuan rumah pertemuan Komite Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan (JDSCC) ke-13 di Manila pada bulan Juni 2024 lalu.

Menhan berharap, Indonesia bisa menjadi tuan rumah forum penting tersebut tahun depan. 

“Kami berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam forum bilateral tahunan ini dan berharap dapat menjadi tuan rumah pertemuan JDSCC ke-14 di Indonesia pada tahun 2025,” ujar Presiden RI terpilih itu.

Sementara Bongbong Marcos melalui akun instagramnya, turut mengomentari ikatan persahabatan dengan Indonesia. Dia berharap persahabatan dapat terus terjalin di masa depan.

“Bangsa kita selalu memiliki ikatan persahabatan yang mendalam,” ucap Marcos.

Topik Menarik