Israel Dilaporkan Bunuh Komandan Senior Hizbullah Ibrahim Aqil

Israel Dilaporkan Bunuh Komandan Senior Hizbullah Ibrahim Aqil

Terkini | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 21:50
share

BEIRUT, iNews.id - Serangan udara Israel pada Jumat (20/9/2024) ini dilaporkan menewaskan komandan senior Radwan, unit elite Hizbullah Lebanon. Kabar tersebut diungkapkan seorang sumber yang dekat dengan Hizbullah kepada AFP. 

Sementara militer Israel menyatakan pihaknya melakukan serangan yang ditargetkan terhadap ibu kota Lebanon, Beirut. "Serangan udara Israel menewaskan komandan Pasukan Radwan Ibrahim Aqil, orang kedua di angkatan bersenjatanya setelah Fuad Shukr," kata militer zionis.

Shukr sendiri tewas dalam serangan Israel Juli lalu di basis Hezbollah di Beirut Selatan. Sementara serangan zionis kali ini juga menyasar kawasan yang sama.

Aqil adalah salah satu anggota utama Organisasi Jihad Islam Hizbullah, yang berada di balik pengeboman Kedutaan Besar AS di Beirut pada 1983 dan pengeboman Barak Marinir AS pada akhir tahun itu.

Serangan hari ini adalah serangan ketiga Israel terhadap pinggiran selatan Beirut sejak Oktober 2023. Ketika itu, Hizbullah memulai bentrokan lintas perbatasan dengan Israel untuk mendukung para pejuang Hamas Palestina atas perang di Gaza.

Serangan kali ini juga terjadi beberapa hari setelah serangan sabotase mematikan terhadap perangkat komunikasi pager dan walkie talkie Hizbullah yang menewaskan sedikitnya 37 orang dan melukai ribuan lainnya.

"Israel melancarkan serangan udara di pinggiran selatan Beirut dekat masjid al-Qaem," kata seorang sumber keamanan Lebanon kepada AFP, yang meminta identitasnya dirahasiakan untuk membahas masalah-masalah sensitif.

Topik Menarik