China Bikin Baterai Bus Listrik Bisa Bertahan hingga 15 Tahun

China Bikin Baterai Bus Listrik Bisa Bertahan hingga 15 Tahun

Otomotif | inews | Rabu, 18 September 2024 - 13:11
share

JAKARTA, iNews.id - Teknologi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di seluruh dunia semakin berkembang. Salah satu yang menjadi perhatian adalah baterai kendaraan listrik.

Terbaru, Contemporary Amperex Technology Limited (CATL) mengembangkan baterai bertenaga baru dengan masa pakai panjang khusus untuk bus listrik. Baterai tersebut diberi nama Tianxing-B.

Dilansir Carnews China, Rabu (18/9/2024), baterai yang dirancang khusus bus listrik itu dapat digunakan hingga 1,5 juta kilometer dengan ketahanan sampai 15 tahun. Soal garansi, Tianxing-B memberikan jaminan 10 tahun atau 1 juta kilometer.

Selain itu, baterai tersebut sudah tersertifikasi IP69, yang dapat membuatnya dapat tahan hingga 72 jam di dalam air. CATL juga merancang baterai tersebut untuk digunakan pada 80 model bus berbeda, dan telah bermitra dengan 13 konsumen, termasuk Dongfeng, Golden Dragon, dan Yutong Bus.

CATL menggunakan nama bahasa Inggris yang berbeda untuk baterai Tianxing-B, sehingga dapat disebut Tianxing Bus Edition atau Tianxing B-series. Mereknya bernama Tianxing, namun pada acara peluncuran produk baru-baru ini di Jerman, CATL menyebutnya Tectrans.

Tianxing merupakan merek CATL untuk baterai mobil listrik yang didedikasikan untuk kendaraan komersial. Merek baru ini diluncurkan pada 4 Juli 2024. Produk pertama dengan merek Tianxing adalah baterai Tianxing-L yang didedikasikan untuk kendaraan komersial ringan. 

Tianxing-L edisi jarak jauh menawarkan kapasitas 200 kWh, kepadatan energi 200 Wh/kg, dan garansi 8 tahun atau 800.000 km. Ini juga mendukung pengisian cepat 4C, memungkinkan pengisian ulang baterai hingga 60 persen SoC dalam 12 menit.

CATL memiliki hampir 50 persen pangsa pasar dalam penjualan baterai kendaraan listrik pada 2024 (Januari-Agustus) di China. Baterai mereka juga memberi daya pada lebih dari 385.000 bus di seluruh dunia.

CATL mengumumkan produksi massal baterai Tianxing-B akan segera dimulai. Tapi, perusahaan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kapan pastinya produksi dilakukan.

Topik Menarik