RK-Suswono Janji Perluas Transportasi hingga ke Daerah Penyangga dalam 2 Tahun

RK-Suswono Janji Perluas Transportasi hingga ke Daerah Penyangga dalam 2 Tahun

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 06:48
share

JAKARTA, iNews.id - Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) bertekad membangun tansportasi perkotaan modern yang mampu menjangkau wilayah penyangga melalui pendekatan aglomerasi. Masalah itu akan diselesaikan dalam dua tahun.

Juru Bucara RIDO, Bernardus Bernie Djonoputro mengatakan keinginan itu untuk memperluas jangkauan transporasi publik di Jakarta hingga ke wilayah penyangga. Tujuannya, agar program RIDO memiliki maslahat bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

“Maka kalau dilihat di Jakarta ada line-line yang harus diperpanjang, sampai Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Itu yang dimaksud Pak RK dan Pak Suswono mengenai pengembangan trayek TransJakarta, harus memenuhi dan melayani wilayah aglomerasi Jabotabekpunjur,” kata Bernie, Rabu (18/9/2024).

Dalam memperluas rute transportasi, yang terpenting adalah ketersediaan armada hingga membangun halte-halte di wilayah aglomerasi.

Untuk itu, ia menilai, paslon yang diusung oleh KIM Plus ini bisa rampung menghubungi transportasi di Jakarta dengan wilayah penyangga dalam dua tahun.

"Perluasan rute transportasi publik bisa selesai dalam dua tahun kepemimpinan Ridwan Kamil dan Suswono di Jakarta. Saya kira waktu 2 tahun sangat cukup untuk menambah armada secara signifikan, dan armadanya kendaraaan listrik," tuturnya.

Bernie meyakini, perluasan rute hingga wilayah aglomerasi Jakarta juga bisa mengurangi kemacetan. Selain mengurangi macet, hal ini juga bisa mengurangi polusi udara lantaran armada yang digunakan berbasis energi listrik. 

“Masyarakat bisa berpindah, bepergian menggunakan transportasi publik yang lebih hemat energi karena dia (armada) dari listrik dan sebagainya, sehingga terjadi pengurangan kendaraan di jalan,” kata Bernie.

Topik Menarik