Jokowi Pastikan PON XXI Aceh-Sumut 2024 bakal Dievaluasi

Jokowi Pastikan PON XXI Aceh-Sumut 2024 bakal Dievaluasi

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 11:51
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons soal Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang menuai banyak sorotan. Penyelenggaraan PON XXI dinilai masih menyisakan banyak pekerjaan rumah mulai dari soal infrastruktur hingga akomodasi.

Presiden memastikan akan ada evaluasi dan koreksi terkait penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Semua yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pemerintah selalu dievaluasi, kalau ada koreksi ya dikoreksi untuk perbaikan-perbaikan ke depan. Saya kira dalam event besar pasti ada koreksi, pasti ada perbaikan pasti, baik masalah venue, konsumsi, akomodasi, semua pasti ada yang perlu kita perbaiki," kata Jokowi di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Sementara mengenai menu makanan para atlet yang berlaga di PON, Jokowi enggan meresponsnya. Sebelumnya, makanan atlet PON viral karena dianggap terlalu sederhana.

"Ya itu dicek di panitia lah, nanti tanyakan ke Menpora," kata Jokowi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo sebelumnya merespons isu penyelewengan dana PON XXI di Aceh dan Sumut 2024. Dia menegaskan itu bukan dugaan korupsi.

“Oh bukan, itu sebenarnya bukan dugaan korupsi. Itu kan ramai di media ada (infrastruktur) yang belum selesai dan orang-orang bilang itu pasti korupsi,” ujar Dito, Jumat (13/9/2024).

Dia menjelaskan, dalam penyelenggaraan PON terdapat satgas tata kelola yang diatur berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) 24 Tahun 2024. Satgas itu dikepalai oleh Wakil Jaksa Agung bersama Kabareskrim Mabes Polri, juga Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dia memastikan segala bentuk aduan dan keluhan terkait penyelenggaraan PON 2024 akan diproses satgas.

Topik Menarik