Suzuki Ancang-Ancang Luncurkan 3 Mobil Listrik mulai Tahun Depan

Suzuki Ancang-Ancang Luncurkan 3 Mobil Listrik mulai Tahun Depan

Otomotif | inews | Selasa, 17 September 2024 - 11:39
share

JAKARTA, iNews.id - Maruti Suzuki dilaporkan sedang mempersiapkan sejumlah mobil listrik. Bukan hanya satu, mereka siap menghadirkan tiga model kendaraan ramah lingkungan mulai 2025.

Dilansir Gaadiwaadi, Selasa (17/9/2024), mobil listrik yang sedang disiapkan Maruti Suzuki berasal dari segmen SUV, MPV, dan hatchback. Rencananya, seluruh model tersebut akan hadir dalam dua hingga 3 tahun ke depan.

Langkah ini sejalan dengan strategi Suzuki untuk memenuhi permintaan kendaraan elektrifikasi di India. Mengingat sejumlah brand sudah memasarkan kendaraan listrik dan terbukti berhasil mencetak permintaan yang cukup besar.

Model pertama yang disiapkan Maruti Suzuki adalah eVX yang debut di Auto Expo 2023. Mobil listrik konsep ini juga telah melantai di GIIAS 2024, pada Juli lalu. Mobil tersebut dikabarkan bakal meluncur pada awal 2025.

SUV listrik konsep ini memiliki dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Mobil ini akan bersaing dengan rival seperti Mahindra xuv 400, Hyundai Creta EV, dan Tata Curvv EV di pasar India.

Selanjutnya, Maruti Suzuki akan menghadirkan mobil listrik MPV dengan kode nama YMC. Mobil yang ditujukan untuk keluarga ini diproyeksikan bakal debut di pasar India pada 2026.

MPV listrik ini akan dibangun di atas platform yang sama dengan SUV listrik midsize eVX. Diperkirakan, mobil tersebut akan menggunakan baterai berkapasitas 60 kWh, mirip dengan eVX. Soal jarak tempuhnya, YMC diklaim menawarkan daya jelajah lebih dari 500 km dalam sekali pengisian penuh.

Mobil listrik lainnya yang disiapkan Maruti Suzuki adalah eWX yang masuk dalam segmen hatchback. Sebelumnya, mobil ini telah diperkenalkan pada secara global pada akhir 2023 di Japan Mobility Show.

Spekulasi menyebutkan bahwa mobil konsep ini bisa berkembang menjadi kendaraan listrik yang terjangkau untuk India. Model ini diperkirakan akan bersaing dengan model seperti MG Comet EV dan Tata Tiago EV.

Topik Menarik