DPRD Jakarta Berharap Kemendagri segera Tetapkan Pj Gubernur

DPRD Jakarta Berharap Kemendagri segera Tetapkan Pj Gubernur

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 18:05
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Achmad Yani berharap agar Kementerian Dalam Negeri segera mengangkat salah satu dari tiga nama yang diusulkan sebagai penjabat gubernur (pj) Jakarta. Nama tersebut berdasarkan hasil voting fraksi di DPRD DKI Jakarta.

Diketahui delapan fraksi DPRD DKI yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus kompak tidak mengusulkan Pj Gubernur DKI saat ini Heru Budi Hartono.

"Harapan kami, tiga calon Pj Gubernur bisa menjadi pertimbangan untuk diangkat salah satunya jadi Pj Gubernur DKI," kata Yani saat dikonfirmasi, Senin (16/9/2024).

Yani memastikan tiga nama calon Pj Gubernur sudah diserahkan ke Kemendagri yang selanjutnya akan diproses dan diputuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Heru Budi Hartono akan habis masa jabatannya 17 Oktober 2024 mendatang.

"Nama calon Pj Gubernur sudah diserahkan ke Kemendagri. Proses selanjutnya akan dilakukan oleh Kemendagri," ujarnya.

Sebelumnya, KIM Plus kompak mengusulkan nama Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, dan Akmal Malik. Selain itu, ada nama lain yang juga diusulkan oleh segelintir parpol KIM Plus, yakni Pj Gubernur Papua Selatan Rudy Sufahriadi yang diusulkan PKS, dan Sekda DKI Joko Agus Setyono oleh NasDem.

Mengingat jumlah partai dalam KIM Plus menjadi mayoritas di DPRD, Akhirnya Teguh Setyabudi, Akmal Malik, dan Tomsi Tohir ditetapkan sebagai tiga nama calon usulan DPRD DKI. 

Ketiga nama itu nantinya akan diusulkan ke Kemendagri untuk dijadikan pertimbangan dalam menentukan Pj Gubernur Jakarta menggantikan Heru Budi Hartono.

Berikut peta usulan nama-nama Pj Gubernur dari setiap fraksi DPRD Jakarta:

 1. PKS: Teguh Setyabudi, Rudy Sufahriadi, Akmal Malik;
2. PDIP: Heru Budi Hartono, Joko Agus Setyono, Marullah Matali;

3. Gerindra: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik;

4. Golkar: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik;

5. PKB-PPP: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik;

6. PAN: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik;

7. Demokrat dan Perindo: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik;

8. PSI: Tomsi Tohir, Teguh Setyabudi, Akmal Malik;

9. NasDem: Joko Agus Setyono, Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir. 

Topik Menarik