Mengingat Gempa Besar di Kaltim pada 1921, Timbulkan Kerusakan Parah

Mengingat Gempa Besar di Kaltim pada 1921, Timbulkan Kerusakan Parah

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 11:59
share

JAKARTA, iNews.id - Gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 melanda Berau, Kalimantan Timur pada Minggu (15/9/2024). Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, sebanyak 18 kali gempa susulan tercatat hingga Senin (16/9/2024) pagi ini.

Daryono menyebut, gempa Berau mengingatkan pada peristiwa gempa besar tahun 1921 silam di sekitar wilayah tersebut.

Daryono menjelaskan, pada 14 Mei 1921 terjadi gempa kuat di Kalimantan Timur mencapai skala intensitas maksimum VII MMI (Modified Mercalli Intensity). Skala VII MMI menunjukkan gempa menyebabkan kerusakan.

Pada skala ini, terjadi kerusakan pada rumah-rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik. Sedangkan pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak-retak bahkan hancur.

Gempa ini menimbulkan kerusakan di wilayah Sangkulirang dengan kerusakan paling parah terjadi di Pulau Rending, Teluk Sangkulirang. Di pulau ini, banyak rumah rusak terutama di Kaliorang dan Sekurau.

Gempa menyebabkan lubang bor menyemburkan air, terjadi rekahan-rekahan tanah sepanjang 10 meter dengan kedalaman 2 meter hingga menyemburkan air bercampur pasir dan tanah liat (likuifaksi). 

"Wilayah yang diguncang gempa ini mencapai radius 250 km. Terjadi 10 kali guncangan-guncangan kuat yang berulang (gempa susulan). Gempa dipicu Sesar Sangkulirang (Sangkulirang Fault Zone) ini memicu tsunami menimbulkan kerusakan parah di Sekurau. Menurut saksi mata, tsunami menggenangi jalan hingga setinggi 1 m," ujarnya.

Sebelumnya, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi M 5,6 pada Minggu (15/9/2024) terletak pada koordinat 1,30° LU ; 118,46° BT, atau tepatnya berlokasi di darat 147 km Tenggara Berau, Kalimantan Timur pada kedalaman 11 km.

Berdasarkan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga akibat aktivitas sesar Mangkalihat.

Topik Menarik