Mencari Ahli Mixology Terbaik melalui Ultimate Bartender Championship 2024

Mencari Ahli Mixology Terbaik melalui Ultimate Bartender Championship 2024

Travel | inews | Minggu, 15 September 2024 - 00:30
share

JAKARTA, iNews.id - Kompetisi bartender internasional The Ultimate Bartender Championship (UBC) kembali digelar Monkey Shoulder. Tidak hanya digelar di Jakarta, UBC 2024 juga hadir di Bandung, Surabaya, Semarang, dan Bali.

Dengan adanya kompetisi ini diharapkan industri mixology di Indonesia semakin berkembang.

Putu Agus Setiawan, Pemenang Nasional UBC 2024 mengatakan, UBC bukan sekadar kompetisi biasa, tapi mendorong kemampuan bartender dan memperkuat rasa kebersamaan. 

"Ini tahun kedua saya berpartisipasi dan menurut saya ini bukan hanya soal bersaing, tapi juga misi penting di industri ini. Misi saya yaitu mengangkat industri bartender Indonesia dan memperkenalkan cita rasa Indonesia ke dunia," ujar Putu Agus Setiawan, melalui keterangannya.

Dia menjelaskan, selama tiga minggu terakhir, 360 mixology terbaik di Indonesia berkompetisi dalam kejuaraan di kota mereka. Lima perwakilan pemenang pertama dari masing-masing kota telah bersaing meraih gelar Ultimate Championship 2024.

“Kami selalu terinspirasi oleh energi yang dibawa oleh para peserta bartender di Ultimate Bartender Championships. Kami menambahkan permainan dan hiburan baru agar lebih seru, sambil membangun komunitas yang kuat, merayakan kerja keras para bartender, menginspirasi persaingan yang sehat,” kata Wawan Kurniawan, Brand Ambassador Indonesia dari Monkey Shoulder.

Uji Skills Pay Bills

Berbeda dari kompetisi bartender biasa, Ultimate Bartender Championship menantang peserta dalam lima tantangan berenergi tinggi untuk membuktikan kompetensi mereka sebagai bartender terbaik. Kompetisi dimulai dengan kuis cepat seputar pengetahuan industri. Dilanjutkan dengan pouring challenge, peserta harus menyajikan lima minuman secara akurat dalam waktu sesingkat mungkin.

Tantangan berikutnya adalah Nosing Challenge, di mana peserta harus mengidentifikasi lima spirit berbeda hanya dengan mengandalkan ingatan dan indra penciuman dalam tiga menit. Selanjutnya adalah Table Service Challenge, di mana para peserta memiliki tugas penting untuk melayani pelanggan dengan pesanan secepat mungkin tanpa melakukan kesalahan.

Terakhir, Perfect Serve Challenge menguji kemampuan peserta membuat dan menyajikan cocktail Monkey Sour secepat dan seakurat mungkin. Peserta dinilai berdasarkan kecepatan, keseimbangan, rasa, dan yang terpenting, kepuasan pelanggan. Dua peserta dengan skor tertinggi kemudian berhadapan dalam tantangan Round Building, yang terdiri dari babak semifinal dan final. Para finalis berpacu dengan waktu untuk membuat enam minuman di semi-final, dan sepuluh minuman di final.

Penentuan juara ditentukan oleh panel juri berdasarkan standar tertinggi. Juri menilai apakah mereka akan membayar minuman tersebut berdasarkan keakuratan bahan dan metode, kecepatan, dan tentu saja, rasa. Selain memperluas kompetisi ke lebih banyak bartender di Indonesia, Ultimate Bartender Championship juga digelar di Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Singapura.

Topik Menarik