IMF Dukung Pelonggaran Moneter The Fed di Tengah Inflasi yang Mereda

IMF Dukung Pelonggaran Moneter The Fed di Tengah Inflasi yang Mereda

Ekonomi | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 17:49
share

WASHINGTON, iNews.id - Dana Moneter Internasional (IMF) mendukung rencana pelonggaran moneter oleh bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve atau The Fed yang rencananya dilakukan pada pekan depan. Hal ini mengingat risiko kenaikan inflasi telah mereda.

Juru bicara IMF Julie Kozack menuturkan, pihaknya memperkirakan ekonomi AS akan melambat selama sisa tahun ini. Hal ini akan tercermin dalam prakiraan World Economic Outlook yang diperbarui pada bulan Oktober.

IMF memproyeksi inflasi inti indeks pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) AS pada tahun 2024 sebesar 2,5 persen dan kembali ke target Fed sebesar 2 persen pada pertengahan tahun 2025. Data terbaru menunjukkan lebih sedikit risiko kenaikan pada momen tersebut. 

"Itu berarti bahwa kita melihat dimulainya siklus pelonggaran, seperti yang diramalkan oleh Fed, sebagai hal yang tepat. Meski demikian, risiko kenaikan inflasi belum sepenuhnya hilang dan The Fed harus terus mengkalibrasi kecepatan dan tingkat pemotongan suku bunga dengan data ekonomi yang masuk ke depannya," kata Kozack dikutip dari Reuters, Jumat (13/9/2024)/

Sebelumnya, Ketua The Fed Jerome Powell mendukung dimulainya pemotongan suku bunga dalam waktu dekat. Pelemahan lebih lanjut di pasar kerja tidak akan disambut baik dan inflasi berada dalam jangkauan target The Fed. 

Para pejabat The Fed lainnya sejak akhir Agustus telah mengisyaratkan bahwa mereka siap untuk memangkas suku bunga pada pertemuan yang membahas kebijakan bank sentral pada 18 September.

Meski ekonomi melambat, PDB AS diperkirakan tetap tumbuh pada akhir tahun 2024 sekitar 2 persen, dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2023. 

Sementara, para pedagang tetap berekspektasi terhadap pemotongan suku bunga The Fed meskipun ada beberapa pembacaan inflasi yang kuat pada minggu ini.

Pelaku pasar memproyeksi peluang 56 persen bahwa The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin minggu depan, bersama dengan peluang 44 persen untuk pengurangan 50 bps, menurut data CME Fedwatch.

Bank sentral AS diharapkan memulai siklus pelonggaran suku bunga mulai minggu depan setelah sinyal dovish dari sejumlah pejabat Fed dalam beberapa minggu terakhir. 

Topik Menarik