Mencoba Toyota Fortuner Terbaru di Lintasan Ekstrem, Hasilnya Mengejutkan

Mencoba Toyota Fortuner Terbaru di Lintasan Ekstrem, Hasilnya Mengejutkan

Otomotif | inews | Kamis, 12 September 2024 - 13:11
share

JAKARTA, iNews.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan New Fortuner dengan sejumlah pembaruan. Bagimana sensasi mengendarai mobil SUV ladder frame ini?

Jurnalis iNews.id bersama sejumlah media berkesempatan menjajal New Fortuner. Tipe yang digunakan adalah Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport di lintasan off-road kawasan BSD City, Tangerang Selatan.

Sebagai sirkuit off-road beragam rintangan disajikan. Sejumlah titik lintasan cukup ekstrem ditujukan untuk menunjukkan fitur dan pengembangan teknologi yang dilakukan pada Toyota New Fortuner.

Sebagai informasi, New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 diposisikan sebagai kendaraan all-rounder. SUV ini diklaim dapat memberikan kenyamanan tingkat tinggi baik saat melintas di jalan perkotaan maupun off-road. 

Soal performa, mobil ini mengusung mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc VNT Intercooler dengan output tenaga 203,9 PS pada 3.000 - 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 - 2.800 rpm. Spesifikasi ini membuatnya dapat melibas trek tanah dengan variasi kontur jalan ekstrem.

Secara dimensi, New Fortuner memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta ground clearance 220 mm. Kondisi ini membuat mobil tersebut sangat mudah melibas segala medan.

Ini terbukti ketika melintasi jalan menanjak dan gundukan tanah tidak rata, New Fortuner dapat melibas dengan mudah. Bahkan, saat melintasi trek tanah yang licin dapat dilewati dengan mudah.

Penggunaan fitur Rear Differential Lock (R/D Lock) juga membuat New Fortuner sangat mudah dibawa melintasi medan sulit ketika satu ban belakang terangkat. Mengingat, masing-masing roda belakang memiliki putaran 100 persen yang membuat mobil dapat bergerak dengan bebas.

Suspensi New Fortuner terasa lebih nyaman berkat aplikasi Monotube Suspension hasil racikan Gazoo Racing (GR). Ini dibuktikan ketika melaju dalam kecepatan tinggi, di mana guncangan di dalam kabin sangat minim.

Suspensi ini meningkatkan pengendalian sehingga New Fortuner tidak mudah limbung serta menambah kenyamanan di lintasan off-road maupun on-road. Red Brake Caliper memberikan perbedaan yang signifikan di jalan sekaligus menegaskan positioning Fortuner yang masuk kategori GR Family. 

Soal fitur, New Fortuner dilengkapi advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS) dan active safety features, terdiri atas Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Toyota New Fortuner hadir di Indonesia dalam dua varian, yakni 4x2 dan 4x4. SUV ini dijual mulai dari Rp614 juta hingga Rp761,7 juta on the road Jakarta.

Topik Menarik